Pengaruh Komunikasi dan Manajemen Konflik terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru SDN Kecamatan Galang Kota Batam)

Lesmana, Rizal (2014) Pengaruh Komunikasi dan Manajemen Konflik terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru SDN Kecamatan Galang Kota Batam). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41978.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Galang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau terdapat gejala-gejala yang dialami guru-guru dan pegawai dalam berkomunikasi dengan kepala sekolah khususnya pada sekolah dasar negeri,diantaranya kurang jelasnya isi pesan yang disampaikan kepala sekolah, kurang adanya umpan balik terhadap kesalahan pesan yang disampaikan, kurang diperhatikannya kesiapan dalam menerima pesan baik lisan maupun tulisan dan tiadanya umpan balik agar pesan lebih bermakna dalam pelaksanaan proses pendidikan. Kepala sekolah SDN di Kecamatan Galang Kota Batam juga terlihat kurang memahami bahwa konflik adakalanya positif tidak selalu negatif, kepala sekolah dalam melihat konflik yang terjadi kurang menggunakan pendekatan-pendekatan semestinya sedangkan sumber konfliknya jelas kelihatan, akibat kurang kepedulian ini dapat dibayangkan keharmonisan hubungan antara anggota sekolah akan terganggu dan aktivitas pembelajaran dan kinerja guru kurang sesuai seperti yang diharapkan. manajemen konflik dan kinerja merupakan suatu kajian Administrasi Pendidikan , karena komunikasi pimpinan, manajemen konflik dan kinerja merupakan salah satu topik dalam Perilaku Organisasi, sedang perilaku organisasi merupakan salah satu bahasan pokok dalam Administrasi Pendidikan tepatnya dalam kajian Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, bahasan mengenai komunikasi kepala sekolah dan manajemen konflik dan kinerja guru tercakup dalam bahasan Administrasi Pendidikan. Komunikasi kepala sekolah berdasarkan perolehan skor maksimal 70,4% berada pada kategori cukup baik dan memberi kontribusi positif dan berarti terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Galang Kota Batam sebesar 18,1 %, Gay a manajemen konflik kepala sekolah berdasarkan skor maksimal 58,9% berada pada kategori rendah dan memberi kontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Galang Kota Batam sebesar 13,1%, Kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Galang Kota Batam berdasarkan skor maksimal 78,9%, berdasarkan kategori yang telah ditetapkan adalah cukup baik, Komunikasi kepala sekolah memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap gaya manajemen konflik kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Galang Kota Batam sebesar 8,3%, Komunikasi kepala sekolah dan gaya manajemen konflik secara bersama-sama memberi kontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Galang Kota Batam sebesar 24,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41978.pdf
Uncontrolled Keywords: Manajemen konflik,kinerja guru,pendidikan dasar
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.405 Negotiation, Conflict, Crisis Management (Negosiasi, Manajemen Konflik, Manajemen Krisis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2016 03:45
Last Modified: 30 Jan 2019 04:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item