Kualitas Pelayanan Publik Pada Badan Perizinan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BP2MPD) Kabupaten Indragiri Hilir

Ihsanuddin, (2013) Kualitas Pelayanan Publik Pada Badan Perizinan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BP2MPD) Kabupaten Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41491.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Adanya keluhan dan ketidakpuasan dari masyarakat menggambarkan betapa kurang baiknya pelayanan publik yang selama ini telah dinikmati oleh masyarakat. Masyarakat seharusnya diperlakukan sebagai warga negara yang lebih memiliki dan mengutamakan haknya untuk dilayani, yang mempunyai pilihan dalam hal memilih dan menentukan jenis pelayanan yang diinginkan. Sebelumnya banyak hasil penelitian, seminar dan karya tulisan dari para ahli tentang penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Tetapi, nyatanya sampai saat ini pelayanan publik yang berkualitas tersebut masih belum dijalankan sebagaimana teori-teori yang dijabarkan oleh para ahli tersebut. Berdasarkan hal tersebut, penelitian yang dilakukan di Badan Perizinan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BP2MPD) Kabupaten Indaragiri Hilir ini berusaha menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada lembaga ini. Faktor-faktor tersebut yaitu kemampuan parat, struktur organisasi dan sistem pelayanan. Hal yang paling utama dari penyelenggaraan pelayanan publik adalah kualitas dari penyelenggara pelayanan tersebut (aparat), yang harus menyadari bahwa dirinya adalah sebagai pelayan bagi masyarakat dan masyarakatlah yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Sehingga berbagai faktor dan indikator dalam menentukan kualitas pelayanan publik dapat terpenuhi, yang pada akhirnya akan berdampak pada semakin meningkatnya kualitas pelayanan publik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kualitas pelayanan publik di BP2MPD Kabupaten Indragiri Hilir masih perlu ditingkatkan di beberapa aspek, walaupun aspek yang lain sudah baik. Hasil penelitian menunjukkan dimensi Tangibles dan Assurance sudah menunjukkan baik sedangkan yang masih perlu ditingkatkan yaitu dimensi Reliability, Responsiveness dan Emphaty.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41491.pdf
Uncontrolled Keywords: public services, quality of services, bp2mpd indragiri hilir, pelayanan publik, kua/itas pelayanan, bp2mpd kabupaten inhi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:16
Last Modified: 05 Oct 2018 09:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item