Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sumba Barat Daya

Lero, Yeremias Wunda (2013) Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sumba Barat Daya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41428.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembentukan Negara Indonesia adalah untuk mencerdaskan Bangsa. Kementerian Pendidikan Nasional dan jajarannya dari pusat hingga ke daerah-daerah adalah Untuk mewujudkan tujuan negara tersebut. Guru sebagai salah satu komponen penting yg diharapkan memiliki kompetensi yang memadai. Kompetensi diharapkan dapat membentuk perilaku yang profesional dan perilaku profesional diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Salah satu indikator kinerja guru adalah hasil belajar siswa. Prestasi (lulusan) siswa SMP, SMA dan SMK di Sumba Barat Daya sejak tahun 2009/2010 hingga 2011/2012 semakin meningkat mencapai 100%. Tentunya prestasi ditentukan oleh banyak variabel, tetapi dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah kompetensi guru, perilaku guru baik perilaku dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun perilaku dalam evaluasi belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Seberapa besar pengaruh kompetensi Guru atas perilaku guru dalam proses KBM terhadap prestasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruh kompetensi Guru atas perilaku guru dalam proses Evaluasi terhadap pre stasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruh perilaku guru dalam KBM terhadap prestasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruh perilaku guru dalam evaluasi terhadap prestasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruh perilaku guru dalam KBM dan Evaluasi terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap perilaku guru dalam KBM; Kompetensi guru berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap perilaku guru dalam evaluasi; Perilaku guru dalam PBM berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap prestasi siswa; Perilaku guru dalam evaluasi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap prestasi siswa; Kompetensi guru, perilaku guru dalam PBM, perilaku guru dalam evaluasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap prestasi siswa. Disarankan para guru dapat meningkatkan kompetensinya sehingga dapat memperbaiki perilakunya dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi siswa. Kompetensi guru yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi social. Sedangkan perilaku guru dalam proses KBM ditekankan pada kemampuan guru membuka pelajaran, sikap guru dalam proses pembelajaran, penguasan bahan belajar/materi pembelajaran dan mampu menggunakan media pembelajaran. Disarankan para guru dapat meningkatkan kompetensinya sehingga dapat memperbaiki perilakunya dalam evaluasi belajar untuk meningkatkan prestasi siswa. Peningkatan perilaku guru dalam evaluasi belajar ditekankan pada evaluasi pembelajaran, kemampuan menutup kegiatan pembelajaran dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41428.pdf
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item