Fernandez, Marselis Rita (2013) Kompetensi Guru Sebagai Dampak Pendidlkan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG) (Studi Kasus : Pada 5 SMAN di Larantuka, Kabupaten Flores Timur). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41521.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) terhadap kompetensi guru di 5 (lima) SMAN di Larantuka Kabupaten Flores Timur. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur pengaruh kebijakan PLPG secara parsial dan simultan terhadap kompetensi guru. Hipotesis yang diuji adalah melihat pengaruh PLPG secara parsial dan simultan terhadap kompetensi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitaif, dengan populasi adalah SMAN di Larantuka Flores Timur dan sampelnya adalah guru yang belum mengikuti PLPG dan yang sudah mengikuti PLPG, dengan jumlah sampelnya yang sama yakni guru 32 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik probability yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk terpilih. Teknik penarikan sampeI yang dipakai adalah random sampling. Dalam teknik ini, penarikan sampel dilakukan secara acak. Data analisis secara statistik dan inferensial, kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan statistik uji t-Tes One Way Paired Sample (uji-Tes sampel berpasangan satu arah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran skoring dari variabel bebas dan variabel terikat atas indikator jawaban responden pada SMAN di Larantuka Kabupaten Flores Timur untuk variabel yang telah memperoleh Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) berkaitan dengan kompetensi guru hampir seluruhnya berada pada kategorisasi tinggi atau mempunyai hubungan yang sangat kuat, bila dibanding dengan guru yang belum mengikuti PLPG. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru yang telah memperoleh PLPG dengan memperoleh sertifikat pendidik profesional baik melalui porto folio, maupun melalui verifikasi dokumen, akan mempengaruhi tunjangan profesinya dan karier sebagai guru profesional. Di sisi lain, akselerasi peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan melalui PLPG bagi guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41521.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kebijakan pendidikan dan latihan profesi guru, kompetensi guru |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 03:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 03:47 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |