Windyani, Indrayana (2013) Analisis Kinerja Kantor Camat Gunung Tabur Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41495.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama yang terdapat di Kantor Camat Gunung Tabur adalah adanya ketidakpuasan dari beberapa masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kantor Camat Gunung Tabur, disamping itu belum adanya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dapat digunakan untuk mengetahui serta mengevaluasi kinerja organisasi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Kantor Camat Gunung Tabur dan menganalisis aspek penghambat dan pendorong kinerja di Kantor Camat Gunung Tabur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Kantor Camat Gunung Tabur sebagai suatu organisasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan setiap fenomena kinerja serta aspek penghambat maupun pendorong kinerja. Analisis kinerja ini mencakup efektifitas, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, dan keadaptasian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dari segi efektifitas terdapat kesesuaian antara visi misi dengan program dan kegiatan yang ada serta terlibatnya pegawai dalam kegiatan organisasi. Responsivitas dapat dilihat dari cara organisasi menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat. Dari aspek responsibilitas Kantor Camat Gunung Tabur sudah melaksanakan tupoksinya masing-masing sesuai dengan struktur organisasi serta prosedur dan mekanisme yang ada. Secara akuntabilitas, pelaporan kegiatan dan keuangan di Kantor Camat Gunung Tabur sudah berjalan lancar akan tetapi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk tahun 2011 dan tahun sebelumnya belum dibuat. Dari aspek keadaptasian, pegawai diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri. Aspek pendorong kinerja di Kantor Camat Gunung Tabur terdiri dari aspek individual, psikologis, dan organisasi. Adapun aspek penghambat kinerja adalah terbatasnya jumlah SDM, sarana dan prasarana yang masih kurang, dana operasional kegiatan kantor yang kurang memadai, dan letak kantor yang kurang strategis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41495.pdf |
Uncontrolled Keywords: | performance, effectiveness, responsiveness, responsibility, accountability, adaptation, kinerja, efektifitas, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, keadaptasian |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 04:53 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:53 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1289 |
Actions (login required)
View Item |