Hubungan Evaluasi Pelatihan terhadap Efektivitas Program Pelatihan Budidaya Ikan di Balai Budidaya Laut Batam

Lanrida, Meistina (2012) Hubungan Evaluasi Pelatihan terhadap Efektivitas Program Pelatihan Budidaya Ikan di Balai Budidaya Laut Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340947.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelatihan merupakan suatu unsur yang penting untuk meningkatkan kompetensi seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya. Pelatihan yang tepat guna dapat dicapai dengan dilakukannya evaluasi. Fungsi evaluasi adalah untuk melihat apakah pelatihan yang diberikan sudah mencapai sasaran, dengan demikian dapat dilakukan penyempurnaan dalam fasilitas belajar mengajar, materi pembelajaran dan hal-hal yang menunjang pelatihan tersebut. Evaluasi pelatihan didefinisikan sebagai upaya mendapatkan informasi untuk menilai keberhasilan suatu program pelatihan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan ditinjau dari Reaksi, Belajar, Perilaku dan Hasil terhadap Efektivitas Pelatihan Budidaya Ikan di Balai Budidaya Laut Batam, serta hubungan atau korelasi antara variabelnya. Penelitian ini menggunakan 40 responden yang merupakan peserta dari Pelatihan Budidaya Ikan di Balai Budidaya Laut Batam. Pendekatan yang dilakukan yaitu metode deskripsi kuantitatif dengan pendukung utama pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka yang relevan dan studi lapangan melalui penyebaran kuisioner, observasi dan wawancara dengan informan terkait. Kuisioner tersebut dianalisa untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan menggunakan teknik korelasi hubungan antara variabel X dan Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian responden memberikan penilaian cukup baik untuk Reaksi, baik untuk Belajar, baik untuk Perilaku dan penilaian sangat baik untuk Hasil. Penilaian keseluruhan berpengaruh terhadap Efektivitas Pelatihan dimana penyelenggaraan pelatihan akan positif bila peserta pelatihan memberikan Reaksi, Belajar, Perilaku dan Hasil yang positif terhadap pelatihan. Dari hasil tabulasi silang, diperoleh hasil bahwa kenaikan skor variabel Reaksi, Belajar, Perilaku dan Hasil akan diikuti oleh kenaikan nilai skor variabel efektivitas. Hubungan antara Variabel Reaksi, Belajar, Perilaku dan Hasil dengan Variabel Efektivitas signifikan, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yang bernilai positif dan sangat kuat. Adanya fasilitas belajar-mengajar yang diberikan penyelenggara, proses belajar yang responsif, perilaku positif dan peningkatan etos kerja peserta pelatihan menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pelatihan. Kesimpulan dari penelitian ini, penulis memberikan masukan saran, diantaranya meningkatkan situasi yang kondusif dalam suasana belajar-mengajar, pemilihan materi yang lebih spesifik dengan pekerjaan yang dilakukan oleh peserta pelatihan, perbaikan metode penyampaian pelatihan yang memperhatikan muatan kurikulum dan tidak semata menekankan pada sisi pengetahuan, tetapi juga sisi keterampilan, sikap dan perilaku. Metode penyampaian materi pembelajaran hendaknya disusun lebih variatif berdasarkan tuntutan kebutuhan sasaran pembelajaran, dan Evaluasi terhadap Efektivitas perlu dilakukan setelah selesai penyelenggaraan Pelatihan Budidaya Ikan dan setelah peserta kembali ke tempat bekerja masing-masing agar dapat dilihat peningkatan yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1340947.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluation, training, effectiveness, evaluasi, pelatihan, efektivitas
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.2 Conditions of Employment (Kondisi Buruh, Kondisi Pekerja, Kondisi Pegawai, Kondisi Karyawan)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.32 Fish Culture in Salt Water (Peternakan Ikan Air Asin dan Air Payau)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 10 Aug 2016 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 03:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item