Syaifullah, (2011) Analisis Kualitas Pelayanan Pemeriksaan Malaria di Puskesmas Air Itam Pangkal Pinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40693.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Puskesmas Air Itam Pangkalpinang merupakan satu-satunya Puskesmas yang mempunyai fasilitas rawat inap, yang melaksanakan pelayanan public dalam bidang kesehatan. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah pelayanan pemeriksaan malaria. Jumlah keseluruhan pegawai puskesmas pada tahun 2010 adalah 36 orang, yang terdiri dari PNS sebanyak 31 orang dan non PNS sebanyak 5 orang. Dari 36 pegawai puskesmas, pegawai yang bekerja pada bagian Laboratorium malaria hanya 1 orang. Akibatnya pelayanan pemeriksaan malaria tidak optimal. Penelitian ini menurut tingkat eksplanasinya adalah studi evaluasi (evolution study) terhadap pelayanan pemeriksaan malaria di Puskesmas Air Itam Pangkslpinang. Subjek penelitian adalah 100 orang yang mendapat pelayanan pemeriksaan malaria. Pengumpulan data primer menggunakan indtrumen kuesioner dan pedoman wawancara, sedangkan data sekunder didapatkan dalam laporan tahunan Puskesmas Air Itam Pangkalpinang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif sehingga didapatkan distribusi responden berdasarkan umur, jenis kelamin, penfifikan, pekerjaan, kemudian persepsi pasien terhadap pelayanan pemeriksaan malaria dihitung nilai rata-ratanya dan diibandingkan dengan nilai standar. Selanjutnya menentukan tingkat loyalitas pasien terhadap Puskesmas Air Itam Pangkalpinang. Berdasarkan analisis kepuasan pasien, dimensi responsiveness memiliki nilai sikap tertinggi (3,92), dimensi reability memiliki nilai yang paling rendah (2.29). kepuasan terhadap pelayanan pemeriksaan malaria sudah cukup baik yang mencapai angka 53.33%, sedangkan yang merasa biasa saja terhadap pelayanan pemeriksaan malaria sebesar 26.66%. kemudian tingkat loyalitas responden switcher 50%, habitual buyer 35%, satisfied buyer 30% dan likes the brand 40%. Tingkat loyalitas yang sudah cukup baik ini sehingga dipandang perlu ditingkatkan lagi. Dalam pelayanan pemeriksaan malaria diupayakan memberikan pelayanan yang baik sehingga akan dapat meningkatkan komitmen pasien, dan dapat meningkatkan loyalitasnya sehingga akan dapat meningkatkan komitmen pasien, dan dapat meningkatkan loyalitasnya sehingga pasien yang merasa puas akan mempergunakan Puskesmas atau fasilitas yang sama serta akan menginformasikannya kepada orang lain yang memerlukan pelayanan yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40693.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan publik, puskesmas, pelayanan pemeriksaan malaria kepuasan pasien, loyalitas. |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 06:44 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 06:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1302 |
Actions (login required)
View Item |