Kualitas Pelayanan Kebersihan oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat

Luat, Vensensius (2009) Kualitas Pelayanan Kebersihan oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40847.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengapa kualitas pelayanan persampahan yang diberikan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang belum optimal serta faktor-faktor apa saja yang melingkupi belum optimalnya pelayanan persampahan oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan masalah mengenai pelayanan Kebersihan pada Kantor Kebersihan Dan Kebakaran Kabupaten Sintang. Subjek penelitian adalah sebagai berikut: Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang, Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi pada Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kabupaten Sintang, Petugas pelaksana pelayanan persampahan pada Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kabupaten Sintang, Masyarakat yang menerima pelayanan persampahan. Hasil penelitian menunjukkan, Kualitas pelayanan persampahan yang diberikan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang belum optimal. Hal ini ditunjukkan manajemen pengelolaan persampahan belum terlaksana sebagaimana yang diharapkan, misalnya nilai ekonomi sampah dan dampak lingkungan bahaya sampah terhadap kehidupan belum mendapat perhatian. Aspek peraturan/hukum yaitu Peraturan Daerah yang mengatur masalah persampahan belum diterapkan secara maksimal, aspek teknis Operasional yaitu yang menyangkut teknis pengelolaan persampahan mulai dari pengumpulan sampai pada pembuangan akhir belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Faktor-faktor yang melingkupi belum optimalnya Pelayanan Kebersihan Oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang dari aspek teknis administratif adalah anggaran yang masih kecil atau kurang memadai; tidak tersedianya juklak/juknis yang dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pelayanan pengelolaan sampah; kurangnya koordinasi antar instansi yang terkait; kurangnya perhatian pemerintah terhadap pelaksanaan pemungutan sampah serta jadwal kerja yang belum tersusun secara sistematis. Aspek operasional adalah: sarana dan prasarana tidak memadai; partisipasi masyarakat dalam membayar retribusi persampahan rendah; metode pendekatan yang dilakukan petugas tidak tepat; jumlah petugas belum mencukupi; kualitas petugas rendah serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai arti penting pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 12/40847.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas, kualitas pelayanan, pelayanan kebersihan, quality, service quality, hygiene services.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2016 09:25
Last Modified: 30 Jan 2019 08:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item