Pengaruh Profesionalisme dan Kepribadian Terhadap Kualitas Guru Pada SMK Negeri 3 Muara Bungo Kabupaten Bungo

Ismail,, IB (2013) Pengaruh Profesionalisme dan Kepribadian Terhadap Kualitas Guru Pada SMK Negeri 3 Muara Bungo Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41344.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Profesionalisme dan Kepribadian berpengaruh terhadap kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1).Untuk mengetahui tingkat Profesionalisme guru; (2).Untuk mengetahui tingkat Kepribadian guru ; (3).Untuk mengetahui tingkat Kualitas guru; (4).Untuk mengkaji Pengaruh Profesionalisme terhadap Kualitas guru secara parsial; (5).Untuk mengkaji pengaruh Kepribadian guru terhadap Kualitas guru secara parsial?; (6).Untuk mengkaji pengaruh Profesionalisme dan Kepribadian guru terhadap Kualitas guru secara simultan di SMK Negeri 3 Muara Bungo ? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan dan dilakukan untuk menjawab tiga hipotesis yaitu : (1) Profesionalisme memiliki pengaruh terhadap kualitas guru secara parsial di SMK Negeri 3 Muara Bungo; (2) Kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap kualitas guru secara parsial di SMK Negeri 3 Muara Bungo ?; (3).Profesionalisme dan kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap kualitas guru secara simultan di SMK Negeri 3 Muara Bungo ? Subyek Penelitian ini adalah SMK Negeri 3 Muara Bungo. Sampel penelitian ini adalah para guru SMK Negeri3 Muara Bungo. Analisis data dengan metode analisis Deskriptif kuantitaif dan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : (1).Profesionalisme secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo; (2).Kepribadian guru secara parsial berpengaruh terhadap kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo. Hal ini berarti bahwa kepribadian guru sudah baik melalui kepribadian yang baik, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, kepribadian yang berwibawa dan kepribadian yang berakhlak mulia telah memberikan kontribusi terhadap terjadinya peningkatan kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo.; (3).Dari hasil pengujian secara simultan, terbukti bahwa dari dua variabel independen yang diuji pengaruhnya terhadap kualitas guru, ternyata kepribadian mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa peran kepribadian seorang guru paling besar dalam menentukan kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo Guru yang berkualitas merupakan sumberdaya utama didalam meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas sekolah. Sebagai kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa dari dua variabel independen yang diuji pengaruhnya terhadap kualitas guru, ternyata kepribadian mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa peran kepribadian seorang guru paling besar dalam menentukan kualitas guru pada SMK Negeri 3 Muara Bungo Guru yang berkualitas merupakan sumberdaya utama didalam meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41344.pdf
Uncontrolled Keywords: professionalism, personality and teacher quality, Profesionalisme, Kepribadian dan Kualitas Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:09
Last Modified: 04 Oct 2018 12:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item