Pengaruh Motivasi Kerja Petugas Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Di Kota Kendari

Dewi, (2009) Pengaruh Motivasi Kerja Petugas Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Di Kota Kendari. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41127.pdf

Download (85MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja petugas kesehatan (motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik) terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai pendekatan utama (quantitative dominant) dengan metode survey, dilakukan untuk menjawab tiga hipotesis, yaitu: (1) Motivasi intrinsik petugas kesehatan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari ; (2) Motivasi ekstrinsik petugas kesehatan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari; (3) Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik petugas kesehatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari. Responden penelitian ini terdiri dari petugas kesehatan (dokter, perawat dan bidan) yang bertugas pada Puskesmas di Kota Kendari. Sedangkan informan adalah masyarakat yang pernah memperoleh pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari untuk memberi informasi tentang kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kesehatan. Informan lainnya adalah pimpinan Dinas Kesehatan Kota Kendari untuk memberi informasi tentang kebijakan penerapan motivasi kerja bagi petugas kesehatan. Teknik penarikan sampel penelitian menggunakan Probabilitas Sampling dengan teknik Stratified Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan Uji F untuk pengaruh simultan dan Uji t untuk pengaruh parsial, dengan teknik analisis Sidik Jalin (Path Analysis). Hasil analisis simultan menunjukkan bahwa motivasi kerja petugas kesehatan (motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan, dengan α = 0,05. Hasil analisis parsial menunjukkan bahwa motivasi intrinsik petugas lebih besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan kesehatan, tetapi keduanya (motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian motivasi oleh pimpinan pada Dinas Kesehatan Kota Kendari kepada bawahannya (petugas kesehatan pada Puskesmas) terbukti membawa pengaruh yang masuk kategori tinggi (kuat) terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Kota Kendari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41127.pdf
Uncontrolled Keywords: intrinsic motivation, extrinsic motivation, quality of health service, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, kualitas pelayanan kesehatan
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
600 Technology and Applied Sciences > 620-629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 620.004 Measurement (Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:46
Last Modified: 12 Jul 2018 04:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item