Yatimin, Dewi (2012) Analisis Kompetensi Manajemen Kepala Ruang Rawat Inap dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di RSUD Sungailiat Bangka. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
1340958.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah Kompetensi Manajemen Kepala Ruang Rawat Inap dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di RSUD Sungailiat Bangka dengan menganalisis kompetensi Manajemen Operasional dan Manajemen Asuhan Keperawatan dari kepala ruang di ruang rawat inap RSUD Sungailiat Bangka. Lingkup dari penelitian adalah manajemen kepemimpinan. Sumber informasi atau Responden dalam penelitian ini berjumlah 57 orang terdiri dari Direktur RSUD, kepala bidang keperawatan, kepala ruangan, perawat pelaksana dan pasien yang dirawat di RSUD Sungailiat Bangka. Desain penelitian ini adalah studi analisis deskripsi dengan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai kompetensi manajemen kepala ruang rawat inap dalam meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Sungailiat Bangka. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara observasi/ kajian dokumen, wawancara mendalam dan Focus Group Discution (FGD). Instrumen penelitian ini yaitu pedoman wawancara yang akan digunakan untuk membuat fokus penelitian menjadi jelas, tajam dan dapat melengkapi data hasil pengamatan. Informasi yang didapat segera dianalisis, tanpa menunggu semua responden diwawancarai. Informasi diperoleh dengan mencatat dan direkam, kemudian dibuat transkrip, setelah itu dikelompokan sesuai dengan pertanyaan dan tujuan penelitian dalam bentuk transkrip. Sedangkan observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan lapangan yang dilakukan oleh responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kompetensi manajemen operasional keperawatan kepala ruang rawat inap RSUD Sungailiat belum cukup baik, karena : 55% - 82% kepala ruang belum membuat perencanaan, pengorganisasian, pembagian tugas dan pengarahan, pertemuan berkala dan penilaian kinerja perawat; 73% - 82% pengorganisasian kepala ruang rawat inap RSUD Sungailiat belum cukup baik; 82% kepala ruang melakukan evaluasi kemampuan sosial saja, komunikasi, keterampilan, kemampuan perawat pelaksana dalam mengambil keputusan; 73% kepala ruang hanya mampu memotivasi perawat pelaksananya dengan saran atau psikologi saja; semua kepala ruang hanya berfikir lingkungan kerja terdiri dari sarana atau prasarana dan SDM saja. (2) Kompetensi manajemen asuhan keperawatan kepala ruang rawat inap RSUD Sungailiat belum cukup baik, karena : SDM keperawatan belum sesuai standar, SAK dan SPO ruang rawat inap belum lengkap, proses keperawatan ruang rawat inap belum lengkap. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kepala ruang sebagai manajer pelayanan keperawatan di RSUD Sungailiat belum cukup baik karena sebagian besar kepala ruang hanya tahu tugas dan wewenang berdasarkan kebiasaan dan pengalaman terdahulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 1340958.pdf |
Uncontrolled Keywords: | operational management, nursing management, competency head room administration, the quality of hospital, manajemen operasional, manajemen asuhan keperawatan, kompetensi kepala ruang, mutu pelayanan rs |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.306 Job Analysis (Analisa Pekerjaan Manajemen Personalia) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 02:16 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |