Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara

Zabaruddin, (2015) Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41685.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: I) Mendeksripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik sehubungan dengan pelaksanan fungsi perpustakaan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Tenggara; 2) Mendeksripsikan dan menganalisis Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik sehubungan dengan pelaksanaan fungsi perpustakaan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara; Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif, dimana data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif diferifikasi pada informan lalu dianalisis menggunakan konsep/teori yang ada atau yang dirujuk. Karena itu maka data yang diperlukan juga bersifat data kualitatif. Pendekatan ini sering disebut pendekatan induktif naturalistic atau positivistic empiric. Data dalam penelitian ini diperoleh dari nara sumber (informan) yang diharapkan dapat memberikan informasi data sesuai dengan kebutuhan. Informan ditetapkan secara purposive yakni pihak pelayan 4 orang dan yang dilayani sebanyak 3 orang. Teknik pcngumpulan data dilakukan melalui teknik Wawancara, observasi, dan Studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yakni metode yang tidak berdasarkan angka-angka tetapi data yang dapat dirangkai dengan kata-kata dan kalimat, atau data diperoleh, dipilih dan disusun secara sistematika berdasarkan obyek yang diteliti, dianalisis secara kualitatif yang kemudian disusun dalam bentuk tesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Kehandalan (Reability), Daya Tanggap (Responsiveness), dan Empati (Emphaty) pada Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Tenggara sudah cukup baik dan memuaskan sedangkan untuk Bukti langsung (Tangibles) dan untuk Jaminan (Assurance) pada Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Tenggara masih kurang baik dan perlu perbaikan untuk menuju pelayanan yang berkualitas. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara yakni faktor organisasi, faktor kemampuan dan ketrampilan aparat, serta faktor sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41685.pdf
Uncontrolled Keywords: Public Service, Service Satisfaction dan Service Providers, Kualitas, Pelayanan Publik, dan Kepuasan Pelayanan,konsep perpustakaan
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:56
Last Modified: 05 Nov 2016 13:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item