Pemilihan Butir Soal Pada Rancangan Tes Adaptifberdasarkan Efficiency Balanced Information

Santoso, Agus (2014) Pemilihan Butir Soal Pada Rancangan Tes Adaptifberdasarkan Efficiency Balanced Information.

[img]
Preview
Text
Artikel Agus Santoso.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pemilihan butir soal yang popular dalam rancangan tes adaptif adalah metode lnformasi Maksimum. Melalui metode ini, butir soal yang memiliki informasi maksimum pada tingkat kemampuan tertentu akan dipilih dan diberikan kepada peserta tes. Namun kelemahan dari metode ini adalah kurang akurat dalam mengestimasi tingkat kemampuan peserta pada awal tes dan lebih memilih butir dengan tingkat daya beda yang tinggi sehingga kebermanfaatan bank soal kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pcrforma hasil estimasi dari penerapan metode Efficiency Balanced lnformarion (FBI) pada rancangan tes adaptit: Penelitian ini dilakukan melalui studi simulasi dalam setting penyelenggaraan ujian akhir semester Universitas Tcrbuka. Bank soal untuk keperluan simulasi dibangkitkan berdasarkan model item Response Theory 3 parameter. Scbanyak 900 butir soal Jalam bank soal bangkitan dengan spesitikasi parameter butir yang ideal. Dua kriteria pemilihan butir soal yang disimulasikan yaitu lnformasi Maksimum dan BBI Maksimum juga rancang agar memenuhi kcscimbangan isi. Hal ini agar menjamin bahwa algoritma yang dihasilkan sesuai dengan pembelajaran moduler yang diterapkan UT, artinya ketenvakilan butir soal setiap modul secara proporsional dan sesuai kisi-kisi terpenuhi. Aturan pemberhentian tes menggunakan kesalahan baku estimasi (standard error of estimation=SEE sebesar 0,3. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa algoritma rancangan tes adaptif dengan kriteria EBI mcnghasilkan performa hasil estimasi kemampuan peserta yang lebih akurat dibandingkan kriteria informasi Maksimum. Hal ini ditunjukkan oleh nilai bias dan simpangan baku pengukuran yang lebih kecil dibandingkan kriteria lnformasi Maksimum. Kelebihan lain dari penerapan kriteria EBI Maksimum adalah kebermanfaatan bank soal lebih optimal karena butir-butir soal dengan tingkat daya beda rendah juga dimunculkan khususnya pada awal tes. Sedangkan kriteria lnformasi Maksimum walaupun lebih efisien dari sisi panjang tes tetapi kurang optimal dalam memanfaatkan bank soal.

Item Type: Article
Additional Information (ID): Artikel Agus Santoso.pdf
Uncontrolled Keywords: tes adaptif, informasi maksimum, EBI
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:58
Last Modified: 11 Aug 2016 07:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item