Pengaruh Efektifitas Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kemetrologian (Studi Pada UPT Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur)

Suryadi, M. (2009) Pengaruh Efektifitas Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kemetrologian (Studi Pada UPT Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41234.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi dengan mengamatai cara kerja petugas metrologi dilingkungan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur, yang masih kurang efektif serta belum didayagunakan secara optimal meskipun ada petugas metrologi yang telah melaksanakan pekerjaan dan menggunakan waktu kerjanya secara optimal. Dalam penulisan ini akan diperoleh penjelasan efektivitas organisasi dan kualitas pelayanan serta menganalisis besarnya pengaruh efektivitas organisasi terhadap kualitas pelayanan kemetrologian kemetrologian pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 55 orang responden melalui teknik pengambilan sampel secara acak berstrata. Angket berisikan beberapa pertanyaan mengenai efektifitas organisasi (variabel bebas) yang diukur berdasarkan dimensi psikologikal, struktural, sosial, dan birokratik, sedangkan variabel terikat adalah kualitas pelayanan kemetrologian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efektifitas organisasi terhadap kualitas pelayanan kemetrologian terbukti dari hasil olah data yang menunjukkan Y = 11,065 + 1,367X1 + 2,942X2 + 1,676X3 + 3,957X4 bahwa kualitas pelayanan kemetrologian akan meningkat (menurun) seiring dengan meningkatnya (menurunnya) keempat variabel yang mewakili efektifitas organisasi tersebut dan mempunyai pengaruh yang positif serta nyata terhadap kualitas pelayanan kemetrologian Adapun sumbangan terbesar untuk kualitas pelayanan kemetrologian tersebut adalah dimensi birokratik (3,957), diikuti struktural (2,942), kemudian sosial (1,676), dan terakhir faktor psikologikal (1,367). Dengan demikian perlu diupayakan untuk mendorong dan menjaga kondisi organisasi, agar tetap bertahan dan terus ditingkatkan sehingga tujuan untuk membantu pembinaan, bimbingan teknis dan pengawasan di bidang Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur benar-benar dapat diwujudkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41234.pdf
Uncontrolled Keywords: efektifitas, organisasi, kualitas, pelayanan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.1 Organizations (Manajemen Organisasi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:40
Last Modified: 11 Aug 2016 08:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item