Pengenalan Berbagai Pekerjaan Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi

Sumarmi, Mamik (2014) Pengenalan Berbagai Pekerjaan Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi.

[img]
Preview
Text
Artikel Mamik Sumarmi.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan agar pembelajaran dengan tema ”Berbagai Pekerjaan” kelas 4 SD, sub tema jenis -jenis pekerjaan, dapat dipahami siswa dan dapat membedakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan pekerjaan yang menghasilkan produk Adapun metode yang digunakan adalah kajian teori IPS dan pembelajaran tematik atau integratif sesuai dengan kurikulum 2013.Tema”Berbagai pekerjaan” yang semula menjadi mata pelajaran IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Oleh sebab itu pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembalajarannya (RPP) juga mengalami perubahan. Kesimpulan makalah ini, pembelajaran dengan tema ”Berbagai Pekerjaan” ada banyak kemampuan yang harus dicapai oleh siswa antara lain siswa mampu mengolah informasi dari teks dengan benar, siswa mampu memprediksi jenis teknologi yang digunakan untuk mengolah benda-benda yang ada di kelas dengan mandiri, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan secara benar dan mandiri serta mengenal pekerjaan tetangga yang ada dilingkungan rumahnya.

Item Type: Article
Additional Information (ID): Artikel Mamik Sumarmi.pdf
Uncontrolled Keywords: IPS, Pembelajaran terintegratif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:25
Last Modified: 12 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item