Wahyuni, Sri (2013) Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41572.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan faktor yang amat menentukan bagi mutu pembelajaran/pendidikan yang akan berimplikasi pada kualitas output pendidikan setelah menyelesaikan sekolah. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru dalam pembelajaran yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecarnatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Bentuk penelitian ada1ah penelitian deskriptif. Penelitian deskritif dilakukan dengan menganalisa pengaruh korelasi antara empat variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SD Negeri dalam wilayah Kecarnatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, dengan jumlah Guru 212 orang dari 25 sekolah. Subjek dalam penelitian ini ada1ah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pelepat Hir Kabupaten Bungo yang berjumlah 68 orang. Sampel diambil dari populasi dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis r~gresi berganda untuk melihat pengaruh kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial secara parsial dan sirnultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disirnpu1kan bahwa kompetensi guru dalam pembelajaran merniliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41572.pdf |
Uncontrolled Keywords: | effects, teacher competence in learning, teacher performance, pengaruh, kompetensi guru dalam pembelajaran, kinerja guru |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 06:54 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
View Item |