Implementasi Kebijakan Pelayanan Perijinan Usaha di Kota Baubau

Tanuru, La (2011) Implementasi Kebijakan Pelayanan Perijinan Usaha di Kota Baubau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40676.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang semakin meningkat mau tidak mau akan berdampak kepada tuntutan kemampuan birokrasi. Penelitian ini difokuskan pada Implementasi Kebijakan Pelayanan Perijinan Usaha di Kota Baubau, dengan maksud mengetahui bagaimana pelayanan publik di bidang perijinan dan bagaimanan pelayanan perijinan. Tujuan penelitian ini 1.Untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan perijinan usaha, 2. Untuk mengkaji hubungan dan hambatan dalam implementasi kebijakan pelayanan perijian usaha, 3. Untuk menganalisis aspek-aspek apa yang mendorong dan menghambat perwujudan pelayanan perijinan usaha di Kota Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data dan informasi diperoleh dari informan, didukung dengan dokumen yang sesuai setting dan field penelitian. Instrumen penelitian observasi dan wawancara. Data yang diperoleh, kemudian diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi selanjutnya dilakukan penafsiran dan pembahasan, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian bahwa implementasi kebijakan pelayanan perijinan usaha sebelum Sekretariat Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Baubau dibentuk, pelayanan diberikan kepada masyarakat masih terpencar atau dilakukan pada dinas atau instansi teknis masing-masing, hal ini menunjukan hasil yang belum maksimal namun setelah pembentukan Sekretariat Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Baubau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menunjukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sedangkan hubungan dan hambatan dalam implementasi kebijakan pelayanan perijinan usaha sebelum Sekretariat Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Baubau saling mempengaruhi meskipun dalam memberikan pelayanan perijinan usaha kepada masyarakat masih adanya hambatan-hambatan namun terus diutamakan dan mendahulukan kualitas pelayanan dalam setiap kegiatan usaha bagi masyarakat, namun demikian bahwa aspek-aspek yang mempengaruhi perwujudan pelayanan terpadu satu pintu dalam pelaksanaan pelayanan perizinan usaha di Kota Baubau disebabkan oleh faktor yaitu : Faktor kualitas sumber daya aparat, Pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi semakin membuka lebar katub informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40676.pdf
Uncontrolled Keywords: policy implemantation, public service, implementasi kebijakan, pelayanan publik
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:55
Last Modified: 15 Aug 2016 07:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item