Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Multilevel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa

Arif, Gita Lestari (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Multilevel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Masters thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
41715.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) menganalisis perbedaan basil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif multilevel dan model pembelajaran langsung. 2) menganalisis pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif multilevel. 3) Untuk menganalisis interaksi antara tingkat kemampuan awal dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif multilevel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest non equivalent group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Mataram. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes basil belajar terdiri dari tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Untuk mengetabui dan menganalisis bipotesis penelitian, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji Anova dua jalur dengan taraf signifikansi 5%, dan kemudian diuji lanjut dengan uji Tukey HSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan babwa: I) Pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe multilevel lebih baik daripada model pembelajaran Iangsung, serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Mataram. 2) Hasil belajar siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan kemampuan awal sedang. Hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan awal sedang lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah pada penerapan model pembelajaran kooperatif multilevel. 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan tingkat kemampuan awal siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan mencoba model pembelajaran kooperatif multilevel ini pada materi atau mata pelajaran yang lain, sebingga dapat memberikan bukti yang lebih kuat mengenai keefektifan model tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41715
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif multilevel, hasil belajar siswa, kemampuan awal siswa.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:08
Last Modified: 04 Oct 2018 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item