Analisis Strategi Bersaing Dalam Pasar Perumahan Menengah di Kota Batam: Studi Kasus PT. Putera Karyasindo Prakarsa

Tarihoran, Poltak Emerson (2010) Analisis Strategi Bersaing Dalam Pasar Perumahan Menengah di Kota Batam: Studi Kasus PT. Putera Karyasindo Prakarsa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40383a.pdf

Download (61MB) | Preview

Abstract

Hambatan yang relatif kecil untuk masuk di dunia industri perumahan membuat industry tersebut menjadi salah satu industri yang memiliki banyak pemain di dalamnya. Persaingan yang ketat akan mengakibatkan perusahaan yang tidak dapat bersaing akan tersingkir dengan sendirinya, dan akhirnya akan menuju kepada kebangkrutan. Untuk menghadapi persaingan itu, PT Putera Karyasindo Prakarsa Batam memilih lebih konsentrasi kepada perumahan segmen menengah. Tesis ini dimaksudkan untuk memformulasikan strategi bersaing PT Putera Karyasindo Prakarsa dalam pasar perumahan menengah di Batam dengan mengambil obyek penelitian di Perumahan Anggrek Sari yang dapat dijadikan penulis sebagai presentasi dari proyek perumahan segmen menengah di lingkungan perusahaan tersebut di atas. Sebagai alat analisis lingkungan eksternal peneliti menggunakan Five Force Model dari Porter untuk menganalisa persaingan dalam industri, analisa lingkungan makro untuk menganalisa keadaan ekonomi, demografi, aspek hukum dan sosial. Analisa drivingforce dan key success factors juga digunakan untuk melengkapi analisis lingklmgan eksternal. Untuk analisis lingkungan internal, peneliti menggunakan analisis sumberdaya, kapabilitas dan analisis value chain. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT Putera Karyasindo Prakarsa memiliki beberapa kekuatan yang menjadikan. keunggulan bersaing perusahaan seperti kemampuan mempertahankan kualitas produk: dengan proses produksi yang efisien, jaringan pemasaran yang kuat di Batam, inovasi dan bentuk atau desain produk: yang menarik dan efisien dan up to date dengan mengandalkan desain miniroalis, layanan purna jual yang baik serta pengelolaan sumberdaya manusia yang baik. Keberhasilan perusahaan menggabungkan konsep segmentasi dan low cost, dengan memanfaatkan kekuatan sumberdaya yang dimiliki perusahaan, pengelolaan jaringan serta pelayanan purna jual yang baik sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan menjadikan PT Putera Karyasindo Prakarsa memiliki kekuatan untuk menguasai pasar perumahan segmen menengah di Batam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40383.pdf
Uncontrolled Keywords: Industri, PT Putera Karyasindo Prakarya, Pemasaran
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:26
Last Modified: 16 Aug 2016 06:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item