Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan

Matzen, (2012) Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40831.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan adalah satu-satunya rumah sakit rujukan di Kabupaten Indragiri Hilir yang terletak di kota Tembilahan. Sehingga Rumah Sakit ini sangat dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pasien yang datang dari berbagai pelosok daerah yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Pada perkembangannya Rumah Sakit ini telah mendapat predikat sebagai rumah sakit tipe C. Dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan sesuai dengan Kepmenkes RI tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) RSUD Puri Husada Tembilahan dilengkapi oleh 8 (delapan) dokter spesialis dengan kapasitas sebanyak 154 tempat tidur. Dilihat dari jumlah kunjungan pasien khususnya pasien rawat inap dan rawat jalan mengalami peningkatan yaitu pada tahun 2009 sebanyak 25192 kunjungan dengan rata-rata kunjungan 69 orang perhari sedangkan pada tahaun 2010 sebanyak 32793 kunjungan dengan rata-rata 89 orang perhari. Artinya adalah kapasitas tempat tidur yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah kunjungan pasien, masih banyak tempat tidur yang tidak terpakai. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan yang di lihat dari aspek tangible, reliability, responsivness, assurance dan empathy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian kualitatif deskriptif ini digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu keadaan secara objektif tentang tingkat Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada RSUD Puri Husada Tembilahan. Dalam pengambilan sampelnya atau narasumber digunakan tekhnik sampling insidental dan pada penelitian ini sampel atau narasumber yang ditemukan sebanyak 15 orang narasumber. Penelitian ini dilakukan diseluruh Ruang Rawat Inap RSUD Puri Husada Tembilahan. Penelitian ini dilakukan sewaktu-waktu, tidak ada penetapan waktunya. Penelitian ini menggunakan variabel dengan aspek tangible, reliability, responsivness, assurance dan empathy. Metode pengolahan data dan analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan kutipan dari hasil wawancara yang di rekam dan datanya di simpulkan dan di interprestasikan. Berdasarkan temuan yang telah di interprestasikan dari semua narasumber kalau dilihat dari semua aspek dapat di deskripsikan bahwa Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada RSUD Puri Husada Tembilahan dinilai kurang baik dan belum standar untuk Rumah Sakit tipe C dan masih banyak sarana prasarana yang belum sesuai kondisinya untuk rumah sakit rujukan. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa Kualitas Pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan ternyata di nilai kurang baik, karena secara umum masih banyak terdapat keluhan dari pasien dan masyarakat. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam peningkatan kualitas pelayanan pada RSUD Puri Husada Tembilahan, agar sesuai dengan harapan pasien dan visi, misi rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40831.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, rawat inap dan kepuasan pelanggan, quality of services, in-patient, and customer satisfaction
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:48
Last Modified: 13 Feb 2019 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item