Dampak Implementasi Hasil Sertifikasi Jabatan Guru Terhadap Kinerja Guru di Kota Bau-Bau

Rahmat, (2010) Dampak Implementasi Hasil Sertifikasi Jabatan Guru Terhadap Kinerja Guru di Kota Bau-Bau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40474.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi hasil sertifikasi jabatan guru dan bagaimanan dampak sertifikasi jabatan guru tersebut terhadap kinerja guru di kota Baubau. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis implementasi hasil sertifikasi jabatan guru di kota Baubau, (2) untuk menganalisis dampak implementasi hasil sertifikasi jabatan guru terhadap kinerja guru di kota Baubau. Penelitian ini difokuskan pada guru-guru di kota Baubau yang telah lulus uji sertifikasi guru,, baik tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang guru dan tersebar di beberapa sekolah. Desain penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan metode kuantitatif dalam bentuk tabulasi data. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) membagikan kuesioner kepada responden, (2) responden mengisis kuesioner, (3) kuesioner dikumpulkan oleh peneliti, (4) peneliti melakukan sortir, dan (5) peneliti membuat tabulasi data. Sedangkan metode analisa data yaitu data dianalisis dengan menggunakan tehnik deskriptif yang diperoleh melalui transkip hasil wawancara dengan informan, selanjutnya dinterprestasikan menurut hasil tabulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ternyata guru-guru yang telah lulus uji sertifikasi di kota Baubau memenuhi syarat dalam beberapa kompenen portofolio sebagai persyaratan yang diatur dalam pendoman pelaksanaan sertifikasi jabatan guru. Dampak yang berhubungan dengan kinerja menunjukkan pula bahwa pada umumnya guru-guru yang telah lulus uji sertifikasi mengalami peningkatan jinerja yang ditunjukkan dengan peningkatan indicator kinerja anta lain motivasi, tanggung jawab, kejujuran, kedisiplinan, keteladanan, etos kerja, inovasi dan kreativitas dan kompetensi yang berkisar antara 52%-66%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40474.pdf
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi guru, hasil implementasi, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:31
Last Modified: 19 Aug 2019 07:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item