Analisis Kinerja Pelayanan Publik Aparatur Pemerintah pada Kantor Camat Labuan Badas Kecamatan Labuan Badas Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kurniati, Yuni Ilmi (2012) Analisis Kinerja Pelayanan Publik Aparatur Pemerintah pada Kantor Camat Labuan Badas Kecamatan Labuan Badas Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40828.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu misi pembangunan dan isu utama dalam program prioritas pembangunan di Nusa Tenggara Barat adalah reformasi birokrasi, tidak terkecuali di Kabupaten Sumbawa. Reformasi birokrasi juga dimaksudkan untuk menjawab tantangan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia bahwa setiap daerah harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang handal untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik pula. Tesis ini mengangkat masalah kinerja aparatur pemerintah di Kantor Camat Labuhan Badas yang diharapkan dapat menyelenggarakan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Wilayah kerja Kantor Camat Labuhan Badas ini adalah kecamatan yang cukup luas termasuk 2 (dua) pulau yaitu Pulau Moyo dan Pulau Medang dengan jarak tempuh yang cukup jauh sehingga pelayanan publik mengalami hambatan dan belum didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Kualitas sumber daya manusia, motivasi kerja maupun etos kerja yang masih dianggap rendah. Apabila kinerja aparatur baik maka akan baik pula pelayanan publik yang diberikan yang akan menggambarkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis atau mendeskripsikan kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur pemerintah terhadap pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah aparatur pemerintah Kantor Camat dan masyarakat pengguna jasa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan atau menjelaskan bahwa kinerja pelayanan aparatur pemerintah yang dapat dinilai dari beberapa indikator yaitu Responsivitas, Efektivitas, Efisiensi, dan Keadilan. Secara umum kinerja aparatur terhadap pelayanan publik dapat dikatakan cukup baik walaupun masih terdapat kelemahan internal maupun eksternal. Sedangkan dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain kepemimpinan Camat cukup baik senantiasa berkoordinasi dengan aparatur/staf, dan motivasi kerja aparatur sudah cukup baik jika aparatur memiliki motivasi dan harapan yang tinggi akan pengembangan jenjang karier, pendidikan dan pelatihan maupun tunjangan kinerja, kecerdasan emosional aparatur yang cukup baik mampu mengendalikan sikap dan perilaku dalam pelayanan serta partisipasi masyarakat yang cukup baik dalam hal kesadaran tertib administrasi publik maupun pelaksanaan program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 12/40828.pdf
Uncontrolled Keywords: kinerja, aparatur, pelayanan publik, performance, government officials, public services
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 18 Aug 2016 09:14
Last Modified: 23 Sep 2016 02:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item