Kasim, (2010) Hubungan antara Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Keterampilan Kerja, dan Kerjasama dengan Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Buton. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40526.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti permasalahan penilaian kinerja pegawai Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Buton dengan mengamati hubungan antara kepemimpinan, motivasi kerja, keterampiIan kerja, dan kerjasama dengan prestasi kerja pegawai sebagai fenomena penelitian. Hipotesis-hipotesis penilaian ini dirumuskan berIandaskan teori-teori dan konsep-konsep yang relevan. Prestasi kerja merupakan suatu fungsi manajemen sumber daya manusia yang strategis, karena efektivitas penilaian prestasi kerja akan berpengaruh terhadap kinerja pegawai, yang pada akhimya akan mempengaruhi kinerja organisasi. Dari sisi proses, penilaian prestasi kerja adalah suatu proses evaluasi terhadap prestasi kerja pegawai dengan beberapa tolok ukur tertentu yang berkaitan dengan kepemimpinan, motivasi kerja, keterampilan kerja, dan kerjasama yang merupakan kompetensi sebagai tolok ukur penilaian prestasi kerja pegawai. Penilaian prestasi kerja pegawai merupakan instrumen manajemen untuk mengevaluasi kinerja pegawai, dalam proses ini pimpinan lembaga mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai yang selaIu dievaluasi dan disesuaikan dengan strategi jangka panjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 115 pegawai dan sampel yang dipilih menurut hasil perhitungan sebanyak 60 responden. Statistik parametris digunakan untuk menguji hipotesis-hipotesis asosiatif dengan teknik analisis korelasi, antara lain: (1) Korelasi Bivariat, seperti korelasi sederhana (pearson produck moment), dan (2) Korelasi multivariate, seperti korelasi parsiaI dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan, keterampilan kerja, dengan prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Buton, dengan nilai signifikan keseluruhan hubungan 0,001 (lebih kecil dari 0,05), dan koefesien korelasi secara sendiri: (1) Koefesien korelasi kepemimpinan terhadap prestasi kerja pegawai 0,651, (2) Koefesien korelasi motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai 0,632, (3) Koefesien korelasi keterampilan kerja terhadap prestasi kerja pegawai 0,683, (4) Koefesien korelasi kerjasama terhadap prestasi kerja pegawai 0,618, yang memberikan makna bahwa keeratan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti berada pada tingkat hubungan yang kuat. Secara bersama-sama dengan analisa bertingkat terbukti bahwa motivasi kerja dan kerjasama tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai signifikan 0,001 (lebih kecil 0,05) dan F hitung sebesar 149,857 yang menunjukan hubungan yang sangat kuat terhadap prestasi kerja pegawai.
Actions (login required)
View Item |