Syahr, Zulfia Hanum Alfi (2014) Analisis Komparasi Biaya Pendidikan Antara Metode Tradisional Dengan Activity Based Costing System pada Madrasah Diniyah Al-Burhaniyah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41967.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pentingnya pendidikan agama sejak dini pada anak-anak muda masa kini mendorong minat masyarakat untuk mengikursertakan anak-anaknya belajar di Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah Al-Burhaniyah merupakan salah satu Madrasah Diniyah yang berkembang cukup baik di daerah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Sumber dana yang digunakan untuk mendanai semua kegiatan adalah berasal dari biaya pendidikan siswa yang dibayarkan setiap bulan. Penentuan biaya pendidikan dapat diperoleh dengan metode tradisional dan metode Activity Based Costing system (ABC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana biaya pendidikan per bulan di Madrasah Diniyah AlBurhaniyah dengan metode tradisional dan metode Activity Based Costing system(ABC) serta mengetahui keefektifan dan efisiensi dari pengelolaan Madrasah Diniyah. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah biaya pendidikan dengan metode tradisional dan metode Activity Based Costing system (ABC) pada Madrasah Diniyah Al-Burhaniyah pada tahun ajaran 2011/2012 hingga 2013/2014. Dalam penelitian ini, disertai wawancara yang dilaksanakan dengan informan yang merupakan bendahara dari Madrasah Diniyah AlBurhaniyah. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif untuk perhitungan biaya pendidikan dengan metode tradisional dan metode Activity based Costing system (ABC) serta analisis efektifitas dan efisiensi. Aktivitas pada Madrasah Diniyah AJ-Burhaniyah dapat dikelompokkan dalam dua kategori yaitu, aktivitas utama yang berkaitan langsung dengan proses belajar di Madrasah Diniyah dan aktivitas penunjang untuk semua kegiatan yang tidak berkaitan langsung tetapi mendukung berlangsungnya kegiatan belajar di Madrasah Diniyah. Biaya yang muncul dari semua aktivitas tersebut kemudian dihitung dengan metode tradisional dan metode Activity Based Costing system (ABC). Hasil perhitungan biaya pendidikan dengan metode tradisional dan metode Activity Based Costing system (ABC) hampir sama. Perhitungan tingkat efektifitas dan efisiensi dapat dilihat dari faktor, layanan belajar, sarana-prasarana,pembiayan dan partisipasi masyarakat. Metode tradisional lebih tepat digunakan di Madrasah Diniyah Al-Burhaniyah karena langkah perhitungannya lebih sederhana dan hasilnya hampir sama dengan metode Activity Based Costing system (ABC).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41967.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Diniyah, cost of education, activity based costing system, biaya pendidikan, activity based costing system |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.15 Financial Management (Manajemen Keuangan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Keuangan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 12 May 2016 07:31 |
Last Modified: | 12 May 2016 07:31 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/167 |
Actions (login required)
View Item |