Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Batubara, Herry (2010) Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40411.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Responden adalah guru SMP Negeri 1 Pandan sebanyak 36 orang dengan menggunakan metode simple random sampling. Tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research), karena penelitian ini bermaksud menjelaskan pengaruh antara variable motivasi kerja guru dan variable kepemimpinan kepala sekolah terhadap variable kinerja guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan kontribusi determinasi (R2) sebesar 0,758 sedangkan sebesar 0,242 lagi dijelaskan variable lain di luar konsep penelitian, dan persamaan regresi yang dihasil yang dihasilkan adalah Y=13,255+0,590 X1 + 0,444 X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi kerja guru lebih dominan mempengaruhi variabel kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu sebesar 3,587 sedangkan variabel kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi variabel kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli tengah yaitu sebesar 2,595. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah akan semakin meningkat apabila motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah lebih baik. Motivasi kerja guru dapat dilakukan dengan mendorong guru untuk meningkatkan prestasinya, mendorong guru melakukan karya inovatif, memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi dan secara bersama-sama membuat rencana dan menetapkan tujuan yang dicapai sekolah. Optimalisasi kepemimpinan kepala sekolah dapat diupayakan dengan lebih mempedomani tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, leader, innovator dan motivator.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40411.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:42
Last Modified: 27 Oct 2016 07:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item