Analisis Kinerja Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang Berdasarkan Pendekatan Balance Scorecard

Natadipura, M. Iqbal (2010) Analisis Kinerja Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang Berdasarkan Pendekatan Balance Scorecard. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40495.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk penilaian hasil kerja atau prestasi kerja Puskesmas. Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat Puskesmas sebagai instrument mawas diri karena setiap Puskesmas melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri, kemudian dinas kesehatan kabupaten/kota melakukan verifikasi hasilnya. Adapun aspek penilaian meliputi hasil pencapaian cakupan dan manajemen kegiatan termasuk mutu pelayanan (khusus bagi Puskesmas yang telah mengembangkan mutu pelayanan) atas perhitungan seluruh Puskesmas berdasarkan hasil verivikasi, dinas kesehatan kabupaten/kota dapat menetapkan Puskesmas kedalam kelompok sesuai dengan capaian kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa hasil pengolahan kuesioner yang dilakukan pada staff Puskesmas Emparu dan Pengunjung Puskesmas Emparu, data sekunder berupa arsip-arsip atau dokumen-dokumen yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur kinerja Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang menggunakan pendekatan Balanced Scorecard yang meliputi; keuangan, pelanggan, proses internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengukuran dan evaluasi kinerja Puskesmas Emparu Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang secara kuantitatif termasuk katagori baik. Sedangkan bila dilihat dari hasil jawaban responden termasuk katagori kurang baik untuk nilai capaian akhir kinerja keuangan mencapai 56.00 %, capaian akhir kinerja pelanggan mencapai 54.00 %, capaian akhir kinerja proses internal nilai rata-rata hanya mencapai 38,60 % berarti termasuk katagori sangat tidak baik dan capaian akhir kinerja pertumbuhan dan pembelajaran mencapai 53,2 % berarti termasuk katagori kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40495.pdf
Uncontrolled Keywords: kinerja, puskesmas emparu, balanced scorecard, performance, emparu health center, the balanced scorecard
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:27
Last Modified: 19 Aug 2016 09:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item