Studi Komparasi Kinerja Guru yang Lulus Sertifikasi Melalui Jalur Portofolio dan Pendidikan Latihan Profesi Guru di Kota Pangkalpinang

Somad, Rusman (2011) Studi Komparasi Kinerja Guru yang Lulus Sertifikasi Melalui Jalur Portofolio dan Pendidikan Latihan Profesi Guru di Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40691.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gambaran kinerja guru yang lulus melalui jalur Portofolio (PF) dan Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), dan mengkaji perbedaan kinerjanya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Hipotesis yang diuji adalah : 1) kinerja guru yang lulus jalur Portofolio lebih baik dari jalur PLPG; 2) kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran yang lulus jalur POltofolio l~bih baik dari jalur PLPG; 3) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang lulus jalur Portofolio lebih baik dari jalur PLPG; dan 4) kinerja gmu dalam penilaian pembelajm-an yang lulus jalur Portofolio lebih baik dari jalur PLPG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah comparative study. dengan populasinya adalah guru bersertifikat pendidik yang lulus jalur Potrofolio dan PLPG tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 dan sampelnya yang lulus jalur Portofolio 48 guru dan yang lulus jalur PLPG 48 guru, sehingga jumlah seluruhnya berjumlah 96 guru. Penetapan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsonal cluster random sampling (sampling acak kelompok proporsional). Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial, kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan statistik uji t-Test one way paired sample (uji-t sampel berpasangan satu arah). Hasil penelitian secara inferensial ditemukan bahwa; Pertama, kinerja guru yang luIus melalui jalur Portofolio lebih baik dari jalur PLPG. Kedua, kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran yang lulus melalui jalur Portofolio lebih baik dari jalur PLPG, Ketiga, tidak ada perbedaan yang signifikan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang lulus melalui jalur Portofolio dengan yang lulus melalui jalur PLPG. Keempat, tidak ada perbedaan yang signifikan kinerja guru dalam penilaian pembelajaran yang lulus melalui jalur Portofolio dengan yang luIus melalui PLPG.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40691.pdf
Uncontrolled Keywords: teachers'' performance, portofolio assessment, educational and training of teachers's profession, kinerja guru, portofolio, pendidikan dan latihan profesi guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:37
Last Modified: 19 Aug 2016 09:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item