Sumirat, Lusia Ari (2013) Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41516.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatiftipe TTW berbantuan modul. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental semu yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan peningkatan kernampuan komunikasi dan disposisi maternatika sebagai akibat diperlakukannya pemberian belajar dengan menggunakan strategi TTW pada kelompok eksperimen dan strategi ekspositori pada kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest-posttest. Dalam penelitian ini subyek penelitian diberikan tes awal untuk mengukur kemampuan awal mereka. Subjek penelitian dipilih secara acak, pemilihan secara acak diasumsikan dapat mernilih dua kelompok dengan subyek yang mempunyai karakteristik sama. Pemberian tes awal juga lebih meyakinkan peneliti bahwa mereka mempunyai kemampuan awal yang sarna atau tidak. Sedangkan post-tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi dan disposisi matematis setelah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Metro tahun pelajaran 20 I 2/2013. Penelitian ini dilakukan selarna I 0 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi basil tindakan pada dua kelas yang memiliki kemampuan awal relatif sama yaitu X.6 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional tipe ekspositori) dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan strategi TTW). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatip tipe TTW lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional tipe ekspositori. Hal ini didukung oleh hasil post-tes kernampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh tingkat efektifitas ES = I, 031 yang berarti bahwa efektivitas strategi TTW dalam meningkatkan kemampuan komunikasi rnatematis siswa tergolong tinggi. dan berdasarkan data basil angket disposisi maternatis siswa dengan tingkat efektifitas diperoleh ES = 0,681 yang menunjukkan bahwa strategi TTW efektif meningkatkan disposisi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 14/41516.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, ekspositori, efektifitas, disposisi matematis, kemampuan komunikasi matematis, Cooperative, Think Talk Write (7TW), expository, effectiveness, disposition mathematical and mathematical communication skills. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 May 2016 08:17 |
Last Modified: | 13 May 2016 08:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |