Efektivitas Pengawasan Sekolah Dasar di Kota Bau-Bau

Alisa, La (2010) Efektivitas Pengawasan Sekolah Dasar di Kota Bau-Bau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40400.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme dan akuntabilitas guru merupakan sesuatu keharusan dalam meningkatkan mutu keluaran. Pengawasan pendidikan merupakan bagian tidak terpisahkan dalam upaya peoingkatan prestasi belajar dan mutu sekolah. Pelaksanaan pengawasan terkandung fungsi pemantauan yang diarahkan untuk melihat apakah semua kegiatan berjalan lancar dan semua sumberdaya dimanfaatkan secara optimal, efektiv dan efisien. Penelitian ini berusaha untuk meneliti seberapa tinggi intensitas pengawas sekolah mempengaruhi peningkatan kualitas guru kelas. Kemudian factor-faktor apa yang mempengaruhi kebijakan pengawas dalam meningkatkan kualitas guru kelas pada Sekolah Dasar (SD) di Kota Bau-Bau. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yang mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya. Penelitian deskriptif meliputi pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari subjek penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknit deskriptif guna melihat bagaimana efektititas pelaksanaan pengawasan sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas guru dalam proses belajar mengajar/bimbingan dan meningkatkan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pengawas sekolah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan dilakukan 1 sampai 2 kali secara rutin setiap bulan, diwujudkan dalam dua macam bentuk kegiatan yaitu kegiatan penilaian dan kegiatan pembinaan. Selanjutnya, pengaruh intensitas pengawas sekolah terhadap guru kelas dalam meningkatkan kualitas guru kelas dapat dikatakan "berhasil". Terakhir, faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas guru kelas diantaranya adalah faktor komunikasi, sumber daya, disposisi pengawas sekolah dan struktur birokrasi. Faktor-faktor yang paling memberikan kontribusi dalam pelaksanaan kebijakan pengawas sekolah adalah faktor komunikasi, disposisi pengawas sekolah dan struktur birokrasi. Sedangkan faktor sumber daya, ternyata hanya sampai pada tataran "cutup memadai" terutama faktor anggaran dalam membiayai pelaksanaan kebijakan pengawas sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40400.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pengawas Sekolah, KuaIitas Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:10
Last Modified: 24 Sep 2018 03:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item