Sudirman, M. (2010) Pengaruh Karakterisitik Profesi Guru Sekolah Pertanian Pembangunan (Spp) Negeri Uncak Kapuas Putussibau Terhadap Kepuasan Kerja. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40450.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian bahwa yang mendasari penelitian ini dilakukan di SPP Negeri Uncak Kapuas Putussibau adalah adanya kecenderungan guru hanya melaksanakan tugas sebagai guru yaitu mentransfer materi pelajaran bukan sebagai pendidik yakni guru tidak hanya mencapai ranah kognitif, melainkan juga menyampakan ranah afektif dan psikomor. Guru SPP belum otonomi melaksanakan perkerjaan, karena guru masih mengerjakan pekerjaan lain di luar profesi guru. Tujuan penelitian adalah pertama, untuk mengetahui variabel variasi ketrampilan identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, dan umpan balik pekerjaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Untuk mengetahui variabel-variabel dalam karakteristik pekerjaan yang mencakup: variasi ketrampilan, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, dan umpan balik pekerjaan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Untuk mengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja guru. Hipotesis penelitian adalah : diduga variabel variasi keterampilan identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, umpan balik pekerjaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru SPP Negeri Uncak Kapuas. Diduga variabel variasi ketrampilan identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, umpan balik pekerjaan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Diduga variabel signifikansi tugas adalah variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja guru. Berdasarkan hasil analis data bahwa nilai udjasted R-Square diperoleh sebesar 0,856. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang kuat variable variasi keterampilan (X1), variabel identitas tugas (X2), variabel signifikansi tugas (X3), variabel otonomi (X4), variabel umpan balik pekerjaan (X5) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) yaitu kepuasan kerja guru sebesar 85,60 persen. Berdasarkan uji pengaruh parsial bahwa variabel Dari uji parsial diperoleh hasil nilai t hitung variabel bebas (X) yaitu variabel variasi keterampilan (X1) t hitungsebesar 3,583; variabel identitas tugas (X2) t hitungsebesar 4,933 dan variabel signifikansi tugas (X3) t hitung sebesar 4,755, variabel otonomi (X4) t hitungsebesar 3,504 dan variabel variable umpan balik pekerjaan (X5) t hitung sebesar 3.446, berarti basil t hitung kelima variabel Iebih besar dari nilai t tabel 2,035. Hasil ini memperlihatkan ada pengaruh positif dan siginifikan secara parsial kelima variabel terhadap variabel kepuasan kerja Guru (Y). Berdasarkan hasil analisis data, ternyata variabel yang pengaruhnya paling dominan adalah variabel signifikansi tugas dengan kofisein regresi sebesar sebesar 27 persen. Artinya apabila Signifikansi Tugas (X3) dinaikkan sebesar satu-satuan maka Kepuasan Kerja Guru akan meningkat sebesar 27 persen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40450.pdf |
Uncontrolled Keywords: | profesi guru, kepuasan kerja |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 04:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1803 |
Actions (login required)
View Item |