Studi Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Timur (Studi Kasus Penerbitan KK dan KTP)

Thaib, M. (2011) Studi Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Timur (Studi Kasus Penerbitan KK dan KTP). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40559.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan dan peluang, aparatur negara hendaknya memberikan pelayanan dengan berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan penerima pelayanan, sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam pemberian pelayanan barang dan jasa. Salah satu pelayanan pemerintah yang dibutuhkan masyarakat sekarang adalah pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan suatu dokumen yang harus dimiliki oleh masyarakat, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan, serta untuk memperoleh penjelasan tentang kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Timur. Sesuai dengan judul yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Timur yang membuat KK dan KTP pada tahun 2008 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Aceh Timur sebanyak 230.810 jiwa. Adapun sampel penelitian ini adalah terdiri dari masyarakat pemohon KK dan KTP yang diwakili oleh 10 orang Tokoh Masyarakat (TOMA), 10 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 10 orang Ibu Rumah Tangga dan 10 orang remaja yang sudah berumur 17 tahun, dimana ada 40 orang sampel dalam 5 kecamatan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur, sehingga jumlah sampel seluruhnya adalah 200 orang yang dilakukan secara non probability sampling dengan teknik Purposive Sampling Analisa yang dipergunakan dalam pengolahan data penelitian adalah menggunakan teknik analisa data deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menjabarkan hasil penelitian sebagaimana adanya. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian di lapangan kemudian dikumpulkan serta diolah dan analisis dengan menggunakan tabel tunggal, sehingga data dapat dibaca dengan mudah untuk mengetahui jawaban dari masalah yang diteliti. Selanjutnya frekuensi tanggapan responden ditabulasikan dalam bentuk skor, kemudian dilakukan perhitungan berdasarkan metode Service Quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan KK dan KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Timur secara umum termasuk dalam klasifikasi sangat baik/sangat memuaskan dengan perolehan nilai Service Quality sebesar 80,17%. Disamping itu ada juga faktor-faktor kualitas pelayanan KK dan KTP dapat dikatagorikan baik/memuaskan dengan masing-masing nilai Service Quality seperti berikut : kepastian biaya pelayanan (80,00 %), kedisiplinan petugas pelayanan (77,50 %); kemampuan petugas pelayanan (77,50 %); kepastian dan ketepatan waktu pelayanan (80,00 %); serta keadilan mendapatkan pelayanan (77,50 %). Agar pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan standar pelayanan prima dan tercapainya tertib administrasi kependudukan, maka disarankan untuk dilakukan sosialisasi yang efektif kepada masyarakat tentang pengisian blangko KK dan KTP sehingga tidak ada kesalahan persepsi antara masyarakat dengan pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Selanjutnya agar tercapai kepuasan masyarakat akan pelayanan petugas, maka diperlukan perbaikan kinerja secara terus menerus kepada pegawai yang sudah ada, dengan harapan masyarakat dapat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40559.pdf
Uncontrolled Keywords: kartu keluarga (kk), kartu tanda penduduk (ktp), kualitas pelayanan, family registration card (kk), identity card (id), quality of service
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304.6 Demography, Population (Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.3 Executive Management of Public Administration (Manajemen Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:28
Last Modified: 24 Aug 2016 06:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item