Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur KPPT Kabupaten Sumbawa Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat

Sidharta, Dian (2014) Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur KPPT Kabupaten Sumbawa Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
cvr_j.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1_j.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-3.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4j.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk menilai kualitas pelayanan pada KPPT Kabupaten Sumbawa; kedua untuk merumuskan strategi yang tepat dalam mengembangkan sumber daya manusia aparatur sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan pada KPPT Kabupaten Sumbawa; Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Data primer kuantitatif yaitu berupa hasil kuantifikasi dari keadaan kualitatif yang merupakan penilaian masyarakat atas pelayanan perizinan didapat melalui hasil survey dengan instrumen kuesioner. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis medan kekuatan (Force Field Anaysis/FFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan KPPT Kabupaten Sumbawa masuk ke dalam kategori kurang baik berdasarkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 58,73 masuk dalam interval mutu pelayanan C (43,76 sampai dengan 2,50). Kategori penilaian variabel tidak baik adalah prosedur dan kepastian pelayanan. Kategori penilaian variabel kurang baik adalah kejelasan, kedisiplinan, tanggungjawab dan kemampuan petugas pelayanan, kecepata11 dan keadilan mendapatkan pelayanan serta kewajaran dan kepastian biaya pelayanan. Kategori penilaian variabel baik adalah persyaratan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas dan kenyamanan lingkungan. Kategori penilaian variabel sangat baik adalah keamanan pelayanan. Berdasarkan analisis strategi yang dilakukan untuk mencapai kualitas pelayanan yang baik adalah faktor yang mendorong perubahan;pertama, kebutuhan akan diklat bagi personil KPPT kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia aparatur dalam melayani masyarakat; kedua, sosialisasi pengurusan perizinan di Kabupaten Sumbawa; dan ketiga pengadaan peralatan operasional kantor untuk menunjang operasional periJman. Hasil penelitian merekomendasikan pertama melakukan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan ; kedua menyusun sistematika dan materi-materi sosialisasi dan ketiga senantiasa menganggarkan perawatan dan pemeliharaan rutin bagi sarana operasional serta kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa namun dilakukan kepada obyek yang berbeda dengan menambah variabel atau metode analisis lain yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia dan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategy of human resource development, integrated license service offices, sumbawa regency kppt, high quality of public services, strategi pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sdm, sumber daya manusia, sdm aparatur, kantor pelayanan perizinan terpadu, kppt kabupaten sumbawa, kualitas pelayanan, kualitas pelayanan masyarakat,indeks kepuasan masyarakat,IKM
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:52
Last Modified: 29 Mar 2019 03:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item