Korompis, Ferry Lourens Sampel (2011) Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Motivasi Belajar dengan Kualitas Pelayanan pada SMP Negeri 1 Kecamatan Tombariri. Masters thesis, Universitas Negeri Manado.
|
Text
40538.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Variabel penelitian ini adalah Budaya Organisasi dan Motivasi Belajar sebagai variabel bebas, dan Kualitas Pelayanan sebagai variabel terikat. Variabel bebas dilambangkan dengan X1 dan X2, dan variabel terikat dilambangkan dengan Y. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Hubungan antara Budaya Organisasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (Y), Hubungan antara Motivasi Belajar (X2) dengan Kualitas Pelayanan (Y), (3) Hubungan antara Budaya Organisasi (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Kualitas Pelayanan (Y) di SMP Negeri 1 Kecamatan Tombairi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden yang ditarik secara proportionate stratified random sampling dari 331 siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Tombariri. Untuk pengumpulan data digunakan angket. Data yang dikumpulkan dari tiga variabel kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil analisis korelasi adalah: (1) antara budaya organisasi dan kualitas pelayanan terdapat hubungan yang cukup kuat, (2) antara motivasi belajar dan kualitas pelayanan terdapat hubungan yang cukup kuat, (3) hubungan antara budaya organisasi dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan SMP Negeri 1 Kecamatan Tombariri menunjukkan hubungan yang cukup kuat. Berdasarkan kesimpulan, maka disarankan perlunya: (1) budaya organisasi sekolah perlu di tumbuh kembangkan oleh warga sekolah. Membentuk pemahaman bersama dan komitmen bersama di antara para guru, unsur pimpinan sekolah, staff administrasi dengan harus selalu meningkatkan komunikasi yang efektif untuk meningkatkan budaya organisasi sekolah, (2) motivasi belajar siswa perlu lebih dikembangkan dan ditingkatkan dengan baik melalui kegiatan guru pada waktu mengajar di dalam kelas maupun waktu guru berada di luar kelas dalam pemahaman bahwa guru adalah sebuah tugas atau jabatan professional, (3) kualitas pelayanan di SMP Negeri 1 Kecamatan Tombariri harus ditumbuh kembangkan dengan memberikan perhatian khusus pada implementasi tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab, handal, keyakinan, empati dan pewujudan penampilan fasilitas fisik, alat bantu mengajar, penampilan pribadi, serta media untuk berkomunikasi, haruslah dipahami sebagai indikator-indikator untuk mengetahui dan mengukur kualitas pelayanan sekolah. Unsur pimpinan, para guru, dan staf administrasi dari SMP Negeri 1 Kecamatan Tombariri harus berupaya memberikan yang terbaik memperbaiki kinerja, gaya atau cara kerja, memberikan perhatian penuh pada keinginan dan kepuasan siswa sebagai pelanggan sekolah dengan disesuaikan dengan norma-norma pendidikan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40538.pdf |
Uncontrolled Keywords: | budaya organisasi, motivasi belajar, kualitas pelayanan |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 300.6O rganization and Management (Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15Â Psychology of Education (Psikologi Pendidikan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.1 Organizations (Manajemen Organisasi) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 28 Dec 2018 02:57 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |