Kegiatan bimbingan dan konseling pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FISIP-UT)

Dewiki, Santi (1995) Kegiatan bimbingan dan konseling pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FISIP-UT). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
80549.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi dengan sistem belajar jarak jauhnya, mengadakan pelayanan bagi mahasiswanya, baik pelayanan akademis maupun administratif. Hal tersebut perlu, karena dunia mahasiswa adalah dunia yang penuh dengan kesukaran, tantangan dan godaan, akan tetapi dunia mahasiswa itu juga,merupakan masa-masa yang indah. Pada masa itu, orang seakan-akan berani menghadapi apa pun dan hidupnya penuh harapan; hanya seringkali mereka lupa keseimbangan. Kekecewaan yang dialami, godaan yang tidak dapat diatasi, kejatuhan (baik dalam studi maupun pergaulan) dapat menghancurkan masa depan mahasiswa. Apalagi mahasiswa UT yang harus belajar mandiri, yakni belajar sendiri dalam hal memahami bahan belajar, mempertajam cara berfikir, memantapkan keterampilan dan menerapkan pengalaman di lapangan/pekerjaan. Memang, belajar mandiri bukan hanya belajar seorang diri saja, tetapi juga belajar dalam kelompok, mengikuti tutorial, ke perpustakaan, mendengarkan siaran radio atau televise dan juga menggunakan sumber belajar lain dengan inisiatif dan motivasi yang berasal dari diri sendiri. Untuk dapat belajar mandiri secara efisiei~i, mahasiswa perlu mengatur waktu dan jadwal belajar berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari bahan ajar dan yang dapat disediakan oleh mahasiswa. Untuk keperluan tersebut, alangkah baiknya bila mahasiswa didampingi oleh pembimbing atau penasihat akademik (PA). Namun sayang, pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa UT persemesternya kepada penasihat akademik (khususnya untuk PA FISIP UT) melalui surat adalah hal-hal yang bersifat administratif, seperti pada semester 93.1 adalah permohonan ikut ujian ulang UKT sebanyak 44,44%. Pada semester 93.2 adalah permohonan ikut UKT sebanyak 29,63%. Pada semester 94.1, kasus terbanyak kembali lagi ke permohonan ikut ujian ulang UKT, yakni 22,22% dan pada semester 94.2 adalah nilainilai Ujian Akhir Semester (UAS) yang tidak ke luar, sebanyak 23,53%. Persentase pada kasus permohonan untuk mengikuti ujian ulang UKT pada semester 93.1 dengan 94.1 berbeda dikarenakan perbedaan jumlah surat yang diterima oleh PA per semester. Sedangkan rata-rata kasus atau persoalan yang paling sering diterima oleh PA per semester adalah permohonan ikut ujian ulang UKT. Untuk hal ini jumlah keseluruhan dari semester 93.1 sampai dengan 94.2 sebanyak 16 pucuk surat dari 79 pucuk surat (20,25%). Kemudian diikuti oleh permohonan ikut UKT (bagi mahasiswa yang baru pertama kali ikut ujian UKT) sebanyak 11 pucuk surat (13,92%). Lalu diikuti oleh pengguguran matakuliah dan nilai-nilai UAS yang tidak ke luar, masing-masing 10 pucuk surat (12,66%).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 96/80549
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing (Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara )
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:17
Last Modified: 24 Jul 2018 02:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item