Sukarjo, Ojo (2007) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jidsaw Disertai Pemberian Keterampilan Bertanya (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 2 SMPN di Kecamatan Cileunyi). Masters thesis, Universitas Pendidikan.
|
Text
41698.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masaiah matematis siswa keias il SMPN I dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai pemberian keterampilan bertanya. Penelitian ini dilakukan sehubungan kurangnya keaktifan yang dimiliki para siswa dan rendahnya kcmampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematis. Oleh karena itu, diperlukan sebuah usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan memberikan aktivitas pembelajaran yang dapat mendukung berkembangnya kemampuan pemecahan masalah mereka. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah salah satu model pembelajaran yang memungkin_kan s1swa untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta membuat mereka terlibat aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini merupakan studi eksperimen berbentuk randomized-pretest-postest control group design dengan subjek penelitian sebanyak 83 siswa kelas II SMPN I Cileunyi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; 1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) lembar obsevasi yang bertujuan untuk merekam aktivitas siswa pada pemebalajaran keias eksperimen; 3) skala sikap yang berfungsi untuk mengungkap respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen; dan 4) angket pendapat guru yang berfungsi untuk mengctahui pendapat dan tanggapan guru terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw signifikan meningkat; 3) Siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 4) siswa yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw aktif da!am belajar, terutama berdiskusi dengan temannya sesama kelompok, dan siswa berani mengemukakan atau mengajukan pertanyaan kepada guru maupun kepada siswa lainnya, serta kreatif dalam menyeiesaikan permasaiahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41698.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran kooperatif, jigsaw, mathematical problem solving skills, cooperative learning. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 May 2016 08:31 |
Last Modified: | 20 May 2016 08:31 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/214 |
Actions (login required)
View Item |