Zulqornain, Mohammad Rizqi (2014) Perencanaan stategi perusahaan berdasarkan Dinamika Lingkungan Internal Dan Eksternal Studi Kasus Di PT. XYZ. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41853.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) perubahan faktor-faktor internal dan eksternal apakah yang mempengaruhi perusahaan saat ini, (2) strategi bisnis apakah yang dapat diterapkan perusahaan sesuai perubahan dengan kondisi saat ini. Metode yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus pada studi kasus. Diharapkan dapat menyajikan data yang menyeluruh, mendetail, dan terintegrasi tentang obyek penelitian da!am kurun \vaktu yang ditentukan. Tahap awal penelitian ini adalah pengumpulan data melalui focus group discussion dan in-depth interview dengan nara somber terhadap aspek internal dan eksternal perusahaan. Pertanyaan pada aspek eksternal dilandasi pada teori PEST untuk environment scanning. Pertanyaan pada aspek internal dilandasi pada teori Resource Basis View. Selanjutnya dilakukan analisa tingkat prioritas berdasarkan matrik prioritas Wheelen (2012). Aspek internal diseleksi dengan menggunakan metode VRIO yang dikemukakan Barney (1991). Data-data sekunder digunakan untuk mempertajam hasil analisa. Penelitian ini menggunakan expert untuk menilai tingkat prioritas suatu faktor amatan dan penilaian terhadap kondisi saat ini. Hal ini memungkinkan terjadinya reduksi faktor yang disebabkan karena kesamaan inti pernyataan atau kesesuaian terhadap keadaan sebenarnya. Faktor-faktor yang sudah divalidasi oleh expert kemudian dirangkai kedalam matriks SWOT. Matriks TOWS digunakan untuk merancang strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan terdapat perubahan faktor-faktor penyusun matriks SWOT. Dinamika lingkungan internal dan eksternal perusahaan berpengaruh terhadap perencanaan stratejik suatu perusahaan. Manajemen stratejik menekankan pada monitoring dan evaluasi peluang dan ancaman eksternal seiring dengan kekuatan dan kelemahan korporasi (Wheelen, 2012). Total nilai faktor eksternal (EFAS) adalah 3,10. Total nilai faktor internal (IFAS) adalah 4,28. Atas hasil tersebut, perusahaan berada dalam kondisi kuadran strengthopportunity. Hal ini menunjukkan perusahaan mempunyai performa diatas rata-rata pasar dan dapat menggunakannya untuk menangkap peluang yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41853.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Strategic Management, Manufacturing Industry, TOWS, SWOT, IF AS, EFAS, Manajemen Stratejik, lndustri Manufaktur |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.401 Planning and Strategic Management (Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 08:47 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 02:26 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2153 |
Actions (login required)
View Item |