Perbedaan Pemahaman Belajar antara Anak Usia Prasekolah dan Anak Usia Sekolah berdasarkan Theory of Mind

Jovanka, Della Raymena (2012) Perbedaan Pemahaman Belajar antara Anak Usia Prasekolah dan Anak Usia Sekolah berdasarkan Theory of Mind. Masters thesis, Universitas Indonesia.

[img]
Preview
Text
40835.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengukur perbedaan pemahaman belajar berdasarkan Theory of Mind pada kelompok anak usia prasekolah dan usia sekolah melalui dua studi. Studi 1 mengukur ujaran spontan 8 anak dari kedua kelompok usia berdasarkan kategori sumber, proses, dan konten belajar; serta intention, desire, dan attention melalui data sekunder yang terdapat pada analisa bahasa CHILDES. Hasil yang diperoleh adalah ujaran spontan mengenai sumber dan konten belajar meningkat, namun ujaran mengenai proses belajar menurun. Ujaran mengenai intention meningkat, sementara ujaran mengenai desire menurun. Ujaran mengenai attention tidak mengalami perubahan. Studi 2 mengukur respon 130 anak terhadap cerita yang memuat intention, desire, dan attention. Hasilnya adalah terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pemahaman proses belajar berdasarkan Theory of Mind pada kedua kelompok usia. Anak usia prasekolah memahami proses belajar intense belajar (intention), sementara anak usia sekolah memahami proses belajar berdasarkan keinginan (desire).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40835.pdf
Uncontrolled Keywords: pemahaman belajar, theory of mind, prasekolah, sekolah,intention, desire, attention,learning comprehension, theory of mind, pre-school, school,intention, desire, attention.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:20
Last Modified: 26 Aug 2016 09:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item