Martely, (2014) Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru pada SMK Negeri - 1 Bulik Kabupaten Lamandau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41686.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Sekolah sebagai organisasi kerja sangat membutuhkan seorang guru yang mampu memberikan hasil kinerja yang baik dan berkualitas dan hal tersebut dapat dilakukan dengan membentuk suatu budaya organisasi seperti halnya yang ada di SMK Negeri-1 Bulik yang pada saat ini masih terus berbenah serta mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu SMK yang berkualitas. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis serta mendeskripsikan budaya organisasi, kinerja guru, serta faktor penunjang dan penghambat kinerja guru pada SMK Negeri-1 Bulik Kabupaten Lamandau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus yaitu budaya organisasi yang ada di SMK Negeri-1 Bulik, kinerja guru, serta faktor penunjang dan penghambat kinerja guru. Untuk menentukan informan penulis menggunakan metode "purposive sampling" atau sampling bertujuan dengan informan yaitu Kepala Dinas, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru - guru, dan Murid SMK Negeri-1 Bulik. Hasil penelitian didapat bahwa budaya organisasi yang ada di SMK Negeri·1 Bulik yang meliputi inisiatif individu dan toleransi terhadap tindakan beresiko, dukungan dan kontrol dari manajemen, pola - pola komunikasi dan integrasi tergarnbar cukup baik dan 1ancar. Kinerja para guru dari segi kemampuan dan keterampilan meliputi penguasaan bahan ajar selalu dilakukan dengan membuat RPP dan dalam mengembangkan metode pembelajaran dilakukan dengan beberapa metode yang disesuaikan RPP dan Silabus serta dengan melihat kondisi siswa. lnteraksi dan bertanggung jawab dalam memantau basil pembelajaran juga dilakukan oleh para guru yaitu dengan mengadakan post test dan free test sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Sikap dan kepribadian yang meliputi etika dalam mengajar dan kepribadian yang baik, jujur dan objektif selalu dijunjung tinggi oleh para guru. Disiplin dalarn mengajar di SMK Negeri·l sudah dilaksanakan dengan baik oleh para guru walaupun terkadang ada guru yang tidak hadir narnWl dia tetap bertanggung jawab dengan meninggalkan tugas. Semangat dalam pekerjaan akan senantiasa ada, walaupun terkadang ada perasaanjenuh namun para guru selalu bersikap profesional. Faktor penunjang yaitu adanya pelatihan dan bintek. peningkatan kualifikasi pendidikan guru, serta pengawasan dan kontrol terhadap disiplin guru. Sedangkan faktor pengharnbat yang dijumpai yaitu ketidaksesuaian bidang disiplin ilmu serta sistem reward yang masih belum berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 15/41686 |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Organisasi, Kinerja, SMK Negeri-1 Bulik, Sekolah Menengah Kejuruan, SMK, Organizasional Culture, Performance, |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 08:36 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 04:46 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/22 |
Actions (login required)
View Item |