Pembelajaran Bermakna pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas III Sekolah Dasar : Penelitian Kualitatif di SDN Kenari 10 Jakarta Pusat

Sukatmi, Sri (2008) Pembelajaran Bermakna pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas III Sekolah Dasar : Penelitian Kualitatif di SDN Kenari 10 Jakarta Pusat. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
41198.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (a) pembelajaran bermakna IPS di kelas 3 Sekolah Dasar; (b) kebermaknaan materi pembelajaran; (c) aktivitas siswa selama proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; (d) aktivitas siswa yang dikembangkan dalam penerapan pembelajaran bermakna, dan (e) aktivitas siswa yang dikembangkan pada kebermaknaan materi pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data pengamatan berperan serta, wawancara dan dokumentasi subjek. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 10 Pagi, Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan pada catur wulan 1 tahun ajaran 1998/1999. Teknik penelitian yang diterapkan menurut Spradley dan Miles Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dilaksanakan dalam kelas besar yang terdiri dari 3 7 siswa dan dike lola oleh seorang guru wanita. Pembelajaran IPS didasarkan pada GBPP SD, kurikulum pendidikan dasar 1994. 2) Penerapan melalui pembelajaran bermakna dilakukan: (a) menggali informasi siswa; (b) menjelaskan materil; (c) membimbing siswa. Sedangkan kebermaknaan materi pembelajaran yang dikembang-kan: (a) materi yang relevan dengan pengalaman, (b) materi yang bersifat potensial; (c) materi yang relevan dengan tingkat perkembangan. (3) Aktivitas siswa yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS meliputi: (a) aktivitas mendengarkan; (b) aktivitas mengamati; (c) aktivitas mengemukakan pendapat, (d) aktivitas eksperimen, dan (e) aktivitas mengumpulkan tugas dan latihan. 4) Penerapan pembelajaran bermakna mengembangkan aktivitas mengemukakan pendapat, aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan tugas. Sedangkan kebermaknaan materi pembelajaran mengembangkan aktivitas mengemukakan pendapat, aktivitas mengamati dan aktivitas eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41198.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bermakna, Ilmu Pelajaran Sosial, Sekolah Dasar, Learning Sciences, Social Studies, Elementary School.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2016 08:18
Last Modified: 24 May 2016 08:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item