Penerapan Model Tutorial Terbimbing Terhadap Peningkatan Motivasi Pembelajaran Lompat Jauh Mata Pelajaran Penjaskes Mahasiswa PGSD Pendas di Kota Bogor

Susilowati, Euis (2012) Penerapan Model Tutorial Terbimbing Terhadap Peningkatan Motivasi Pembelajaran Lompat Jauh Mata Pelajaran Penjaskes Mahasiswa PGSD Pendas di Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
41255.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menjadi olahraga wajib untuk praktik Pendidikan Jasmani di perguruan tinggi. Permasalahan dalam lompat jauh yang sering dilakukan mahasiswa yaitu hanyat jauh sebagian kecil saja yang sudah menguasai tehnik lompat jauh dengan benar. Sehingga timbul pertanyaan, apakah mahasiswa itu tidak termotivasi terhadap lompat jauh? atau mungkin karena penguasaan tehniknya yang kurang dipahami mahasiswa. Berdasarkan hal itu, maka penelitian ini bertujuan ingin mengetahui: (1) Mengetahui apakah dengan pendekatan melalui tutorial terbimbung dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan keterampilan lompa jauh; (2) Mengetahui terjadi perubahan perilaku mahasiswa setelah diberikan motivasi oleh tutor. Metode belajar dengan menggunakan tutorial terbimbing sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi pembelajaran lompat jauh pada mata pelajaran Penjaskes mahasiswa PGSD Pendas di Kota Bogor. Dan berdasarkan metode kualitatif, kurangnya pengetahuan, motivasi dan tidak adanya evaluasi menyebabkan hasil lompatan mahasiswa pada kelas tanpa tutorial terbimbing kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41255.pdf
Uncontrolled Keywords: long jump, the difference in motivation, guided tutorials , lompat jauh, perbedaan motivasi, tutorial terbimbing
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
600 Technology and Applied Sciences > 610-619 Medical and Medicine Science (Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 613.7 Physical Fitness (Kesehatan dan Kesegaran Jasmani)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2016 09:26
Last Modified: 24 May 2016 09:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item