Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kebutuhan Untuk Berprestasi, Dan Keteladanan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Belakang Padang

Suyatno, (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kebutuhan Untuk Berprestasi, Dan Keteladanan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Belakang Padang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41890.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai kinerja mengajar guru. Inti kajiannya difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja mengajar guru, meliputi kecerdasan emosional, kebutuhan untuk berprestasi, keteladanan. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional, kebutuhan untuk berprestasi, keteladanan kepala sekolah terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori Likert, terhadap 100 orang guru SD Negeri di Kecamatan Belakang Padang. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Model Analisis Jalur (Path Analysis Models). Berdasarkan analisis dengan menggunakan Uji t (tabel 4.19), yang menghasilkan nilai t-hitung variabel kecerdasan emosional sebesar 8,070 dengan tingkat signifikansi 0,00 (p < 0,05), berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kinerja mengajar Guru. Nilai t-hitung variabel kebutuhan untuk berprestasi sebesar -4,955 dengan tingkat signifikansi 0,00 (p <0,05), berarti ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara kebutuhan untuk berprestasi terhadap kinerja mengajar Guru, dan nilai t-hitung variabel keteladanan Kepala sekolah sebesar 4,784 dengan tingkat signifikansi 0,00 (p <0,05), berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keteladanan Kepala sekolah terhadap kinerja mengajar Guru. Hal ini menunjukkan bahwa jika persepsi dari seluruh responden mengenai dimensi kecerdasan emosional,kebutuhan untuk berprestasi dan keteladanan Kepala sekolah meningkat, maka akan mengakibatkan peningkatan persepsi responden tentang kinerja mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41890.pdf
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, the need for achievement, exemplary, Performance, kecerdasan emosional, kebutuhan untuk berprestasi, keteladanan, kinerja
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Sep 2016 08:47
Last Modified: 31 Jul 2019 02:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item