Perbandingan Metode Kemungkinan Maksimum dan Bayes Dalam Menaksir Kemampuan Peserta Tes Pada Rancangan Tes Adaptif

Santosa, Agus (2011) Perbandingan Metode Kemungkinan Maksimum dan Bayes Dalam Menaksir Kemampuan Peserta Tes Pada Rancangan Tes Adaptif. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.

[img]
Preview
Text
fmipa201115 (1).pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode Kemungkinan Maksimum (Maximum Likelihood,) dan metode Bayes dalam menaksir kemampuan peserta pada rancangan tes adaptif. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur simulasi, bank soal yang digunakan untuk simulasi sebanyak 500 butir soal yang dibangkitkan berdasarkan kriteria ideal. Dua algoritma tes adaptif menggunakan metode Kemungkinan Maksimum dan Bayes dikembangkan. Skala kemampuan peserta pada penelitian ini dibuat dari -3 sampai +3 dan di set sebanyak 21 titik kemampuan. Banyaknya butir yang diperlukan untuk mengestimasi kemampuan peserta, korelasi, bias, dan kesalahan pengukuran pada setiap titik kemampuan hasil simulasi dengan kedua metode tersebut dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) banyaknya butir yang diperlukan untuk mengestimasi kemampuan peserta pada setiap titik kemampuan antara kedua metode tersebut adalah sama kecuali untuk peserta berkemampuan ekstrim, 2) korelasi kemampuan sesungguhnya dengan estimasinya untuk kedua metode tersebut adalah sangat kuat artinya kedua metode tersebut akurat dalam mengestimasi kemampuan peserta tes, 3) pola bias dengan metode Kemungkinan Maksimum cenderung lebih rendah dibandingkan metode Bayes, sedangkan pola kesalahan pengukuran menunjukkan hal yang sebaliknya yaitu metode Bayes lebih rendah dibandingkan metode Kemungkinan Maksimum. Keterbatasan dari metode Kemungkinan Maksimum adalah tidak dapat mengestimasi kemampuan peserta dengan pola jawaban benar (salah) semua, sehingga untuk mengestimasi jawaban siswa yang belum berpola digunakan metode step-size, sedangkan pada metode Bayes tetap dapat mengestimasi kemampuan peserta walaupun jawaban siswa belum berpola. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan kombinasi keduanya yaitu menggunakan metode Bayes untuk mengestimasi kemampuan pada awal tes dan menggunakan metode Kemungkinan Maksimum untuk mengestimasi akhir (final) kemampuan peserta pada tes adaptif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): FMIPA201115(1).pdf
Uncontrolled Keywords: Metode Kemungkinan Maksimum, Metode Bayes, tes adaptif.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.93 IQ Test (Tes IQ)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.5 Statistical Mathematics/Matematika Statistikal
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2011
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:51
Last Modified: 31 Oct 2016 03:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item