Perilaku Birokrasi dan Kualitas Layanan Publik Pada Unit Pelayanan Teknis Daerah II Samsar Lambaro Kabupaten Aceh Besar

Zakaria, (2014) Perilaku Birokrasi dan Kualitas Layanan Publik Pada Unit Pelayanan Teknis Daerah II Samsar Lambaro Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41987.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya nyata yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas layanan publik adalah mengembangkan kualitas perilaku birokrasi agar dapat memberikan hasil layanan yang berkualitas dan memuaskan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku birokrasi dan layanan publik pada unit pelayanan teknis Daerah II Samsat Lambaro Aceh Besar dilihat dengan adanya prilaku pegawai yang tidak sesuai dengan standar, keahlian, birokrasi. Serta menganalisi kualitas layanan publik pegawai pelayanan teknis Daerah II Samsat Lambaro Aceh Besar yang ditunjukkan dengan masih banyaknya pegawai yang datang terlambat dan pulang sebelum waktunya,dan pekeijaan tidak selesai tepat waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perilaku birokrasi pada Unit Pelayanan Teknis II Samsat Lambaro Aceh Besar masih belum optimal, terutama sekali dilihat dalam bentuk perilaku pegawai kantor Samsat li Lambaro Aceh Besar yang masih kurang dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik dari segi waktu, etika maupun dilihat dari segi sistem pelayanan yang diberikan. Kemudian menyangkut dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh pegawai kantor Unit Pelayanan T eknis II Sam sat Lambaro masih kurang dan terbilang masih dibawah standar yang ditetapkan, dimana pelayanan yang diberikan tidak dapat memuaskan masyarakat dari segi ketepatan dan kecepatan proses pelayanan yang diberikan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan publik pada Unit Pelayanan Teknis Daerah II Samsat Lambaro Kabupaten Aceh Besar masih jauh dari harapan masyarakat tentang efektifitas dan efesiensi dalan1 memberikan pelayanan. Sehingga masyarakat merasa kecewa dengan pelayanan tersebut. Oleh akrena itu, maka diperlukan upaya pembaharuan pelayanan melalui proses reformasi birokrasi pada Unit Pelayanan Teknis Daerah II Samsat Lambaro Kabupaten Aceh Besar, agar dengan demikian dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41987.pdf
Uncontrolled Keywords: The Behavior of Bureaucracy and Public Service, Perilaku Birokrasi dan Pelayanan Publik
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:32
Last Modified: 06 Jun 2016 03:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item