Fatimah, Fatia (2010) Integrasi problem based learning dan nilai-nilai moral untuk pembelajaran sains dan teknologi. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.
|
Text
fmipa201030.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia yang sistematis, dan terukur adalah melalui pendidikan. Visi pendidikan Indonesia ke depan adalah membentuk insan cerdas dan kompetitif tahun 2025. Sains dan teknologi menjadi kebutuhan mendasar, membawa perubahan kepada gaya hidup, budaya kerja serta tanpa disadari membentuk karakter bangsa. Pendidikan berbasis karakter menjadi penting karena sumber daya manusia yang diharapkan bukan saja menguasai science knowledge tapi juga memiliki nilai-nilai moral yang bagus. Salah satu model pembelajaran untuk sains dan teknologi adalah Problem Based Learning (PBL) terintegrasi nilai-nilai moral. PBL mampu mengembangkan kemampuan problem solving, kreativitas, dan inovasi. PBL terintegrasi nilai moral disajikan dengan memberikan masalah yang bermuatan nilai-nilai moral terkait dengan pemecahan masalah di masyarakat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fmipa201030.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, nilai-nilai moral, pendidikan berbasis karakter |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.114 Ethical Education (Etika Pendidikan) 500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010 |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 02:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2400 |
Actions (login required)
View Item |