Pengembangan Instrumen Evaluasi Diri untuk Mengukur Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia

Islam, Samsul and Puspitasari, Kristanti Ambar (2010) Pengembangan Instrumen Evaluasi Diri untuk Mengukur Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.

[img]
Preview
Text
fmipa201033.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument evaluasi diri untuk mengukur kesiapan belajar mandiri (KBM) mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa SMU kelas III, yang dianggap sebagai calon potensial mahasiswa PTTJJ dan mahasiswa baru serta mahasiswa lama PTTJJ di Universitas Terbuka (UT). Mahasiswa baru adalah mahasiswa yang baru menempuh 2 (dua) semester di UT pada saat penelitian dilakukan . sedangkan mahasiswa lama adalah mahasiswa yang telah menempuh 4 (empat) semester di UT pada saat penelitian dilakukan. Tingkat KBM diukur dengan menggunakan instrumen Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) yang dikembangkan oleh Guglielmino (1989) versi bahasa Indonesia hasil terjemahan Darmayanti (1993). Selanjutnya, instrumen versi bahasa Indonesia tersebut dimodifikasi kalimatnya sehingga menjadi instrumen SDLRS versi bahasa Indonesia Indonesia dengan terjemahan agak berbeda dari instrumen Darmayanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen SDLRS Bahasa Indonesia versi kedua yang digunakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas yang cukup tinggi (0,859) yang berarti instumen ini mampu secara efektif mengukur tingkat kesiapan belajar mahasiswa dan calon mahasiswa PTTJJ di Indonesia. Berdasarkan hasil korelasi antarbutir pernyataan pada instrumen dengan skor total rata-rata SDLRS kemudian diputuskan untuk menghilangkan 20 butir pernyataan yang korelasinya dianggap lemah. Ke 38 butir pernyataan dari instrumen SDLRS versi Bahasa Indonesia selanjutnya akan digunakan sebagai instrument evaluasi diri, yang disebut sebagai Instrumen Kesiapan Belajar Mandiri (IKBM) bagi mahasiswa UT.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fmipa201033.pdf
Uncontrolled Keywords: Reliabilitas, Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, Kesiapan Belajar Mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:51
Last Modified: 18 Oct 2018 01:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item