Kekayaan Media (Media Richness), Penerimaan Pengguna (User Acceptance) dan Kehadiran Sosial Bersama (Social Copresence) pada Video Conference

Irawan, Windra (2013) Kekayaan Media (Media Richness), Penerimaan Pengguna (User Acceptance) dan Kehadiran Sosial Bersama (Social Copresence) pada Video Conference. Masters thesis, Universitas Indonesia.

[img]
Preview
Text
1341016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persepsi tentang kekayaan media (media richness), penerimaan pengguna (user acceptance) terhadap teknologi dan kehadiran bersama sosial (social copresence) merupakan tiga konsep teori yang melihat dari sisi-sisi yang berbeda terhadap sebuah teknologi komunikasi. Ketiganya diharapkan mampu membaca perkembangan teknologi seperti video converence untuk mempunyai nuansa sosial berupa keterhubungan dengan sesamanya dalam interaksi termediasi dengan kekayaan dan penerimaan pengguna terhadapnya. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi responden terhadap kekayaan dan penerimaan pengguna video conference cukup tinggi. Sedangkan, kehadiran sosial bersama dalam komunikasi video conference berada ditingkat persepsi sedang. Ketika kekayaan media dan penerimaan pengguna dihubungkan ditemukan korelasi sedang dengan kontribusi signifikan. Hal yang sama juga ketika dilakukan terhadap kekayaan media dan penerimaan pengguna yang menjadi variabel independen terhadap kehadiran bersama sosial sebagai variabel dependen. Hubungan yang ditemukan adalah moderate dan kontribusi signifikan diberikan dua variabel independen tersebut kepada variabel dependen. Meskipun demikian dapat simpulkan bahwa semakin tinggi kekayaan media dan penerimaan pengguna maka semakin tinggi kehadiran bersama sosial dalam komunikasi bermedia video conference.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1341016.pdf
Uncontrolled Keywords: kekayaan media, penerimaan pengguna, kehadiran bersama sosial, video conference,Media Richness, User Acceptance, Social Copresence
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.23 Media of Communication, Mass Media (Media Komunikasi, Media Massa)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 05:51
Last Modified: 12 Oct 2018 03:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item