Meningkatkan Kesadaran dan Peran Aktif Masyarakat dalam Pencapaian Target Millenium Development Goals (MDGs) 4 dan 5 di Indonesia Melalui Strategi Komunikasi dan Branding

Darwis, Yuliandre (2012) Meningkatkan Kesadaran dan Peran Aktif Masyarakat dalam Pencapaian Target Millenium Development Goals (MDGs) 4 dan 5 di Indonesia Melalui Strategi Komunikasi dan Branding. In: Seminar Nasional FISIP-UT 2012.

[img]
Preview
Text
fisip201213.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Roda kehidupan setiap manusia tidak terlepas dari pembangunan. Dalam hal ini, pembangunan nasional dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya terlihat dari kesepakatan Millenium Development Goals (MDGs) yang telah disepakati oleh para kepala Negara yang mulai dijalankan pada bulan September tahun 2000 silam. Pencapaian target kesepakatan MDGs untuk tahun 2015 sampai saat ini masih terlihat belum maksimal karena masih kurangnya peran aktif dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat memiliki kedudukan yang sangat vital dalam pembangunan yaitu sebagai agen pembangunan (agent of development) baik itu subyek (pelaku) pembangunan maupun obyek (sasaran) pembangunan sehingga dapat dikatakan bahwa penduduk merupakan aspek utama dari pembangunan. Karena itu penelitian ini adalah pada 2(dua) sasaran MDG, yaitu sasaran 4: menurunkan angka kematian anak dan sasaran 5: meningkatkan kesehatan ibu. Pemilihan kedua sasaran ini adalah karena ibu dan anak merupakan bagian dari keluarga yang merupakan fondasi masyarakat sebuah negara. Indonesia merupakan negara yang besar dan luas secara geografis. Sehingga dalam melakukan sosialisasi sebuah program, maka Pemerintah harus melibatkan segenap masyarakat dan organisasi pendukung. Karena itulah diperlukan kesadaran dan peran aktif masyarakat Indonesia yang dalam hal ini berkaitan dengan kesehatan ibu dan ibu hamil untuk menurunkan angka kematian anak. Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam mencapai target MDGs 4 dan 5 ini, Pemerintah Pusat, yang dalam hal ini didukung oleh Tim Khusus, yaitu Tim MDGs, harus disertai dengan melakukan strategi komunikasi melalui media dan proses branding dengan bekerjasama dengan dinas kesehatan yang ada di setiap daerah. Mengingat pada zaman modern seperti ini media komunikasi memiliki peranan yang sangat urgen baik dalam menambah informasi, pengetahuan, dan mempengaruhi pola hidup masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fisip201213.pdf
Uncontrolled Keywords: MDGs, strategi komunikasi, branding, pembangunan, kematian anak, kesehatan ibu, komunikasi massa.
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Social Welfare, Problems and Services (Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FISIP-UT 2012
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:57
Last Modified: 25 Sep 2018 04:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item