Sufandi, Unggul Utan (2007) Pengembangan Sistem Prediksi Kemauan Belajar Mahasiswa Berbasis Jaringan Saraf Tiruan: Kasus Universitas Terbuka. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.
|
Text
41227.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Data akademik, demografi dan data latar belakang sosial dikumpulkan pada saat mahasiswa memasuki jenjang perguruan tinggi. Meskipun demikian perguruan tinggi masih berjuang atas rendahnya tingkat kelulusan. Penelitian ini memperkenalkan penggunaan Jaringan Saraf Tiruan (JST) Multi Layer Perceptron untuk prediksi kemajuan belajar mahasiswa dengan menggunakan beberapa parameter yaitu parameter individu, lingkungan dan akademik pada Universitas Terbuka. Kami juga menggunakan analisa sensitivitas untuk mengukur pengaruh tiap input terhadap output JST. Hasil penelitian dan simulasi mengindikasikan bahwa analisa sensitivitas merupakan metode yang potensial untuk mereduksi kompleksitas JST dan meningkatkan tingkat generalisasi. Prototipe yang dihasilkan dalam penelitian ini mempunyai tingkat generalisasi 96.63%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41227.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Continuity of Study, ANN Multilayer Perceptron, Early Stopping, Sensitivity Analysis, Data Mining, Categorical Data, Kemajuan Belajar, JST Multi Layer Perceptron, Penghentian Dini, Analisa Sensitivitas, Data Mining, Data Terkategori |
Subjects: | 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 003.3 Computer Modeling and Simulation (Model dan Simulasi Komputer) 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.4 System Programming (Sistem Pemrograman) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:08 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 01:57 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2462 |
Actions (login required)
View Item |