Krisnadi, Elang (2010) Membangun Konstruksi Pengetahuan Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pemanfaatan Program Multimedia Interaktif (PMI). In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.
|
Text
fmipa201147.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (211kB) | Preview |
Abstract
Komputer sebagai satu sisi dari produk ICT kehadiran dan keberadaannya mulai menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat serta telah menyebabkan terjadinya proses perubahan yang dramastis dalam segala aspek kehidupan. Kehadiran dan keberadaan teknologi inipun tidak memberikan pilihan lain kepada dunia pendidikan selain turut serta dalam memanfaatkannya. Penggunaan komputer dalam bidang pendidikan yang semakin meluas merupakan fakta yang menunjukkan bahwa media ini memang sangat potensial dijadikan sebagai sarana yang mendukung inovasi-inovasi dalam menyampaikan proses pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, penggunaan teknologi tersebut dapat dijadikan sebagai upaya alternatif untuk menyampaikan materi pelajaran secara bermakna yang dapat membangun konstruksi pengetahuan siswa, dan sekaligus dapat dijadikan sebagai upaya untuk dapat meminimalkan kesan negatif anak terhadap pelajaran ini serta menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Dalam tulisan ini, penulis akan menyampaikan suatu gagasan dalam penggunaan media komputer melalui program aplikasinya yang bernama Macromedia Authorware untuk mengembangkan program pembelajaran yang bersifat interaktif dalam bentuk program multimedia interaktif (PMI) untuk pembelajaran matematika. Pembahasan dimulai dari menguraikan pengertian multimedia interaktif, karakteristik dan kelebihan penggunaan PMI, pembelajaran matematika dalam PMI, software untuk pengembangan PMI, uraian singkat mengenai apa, mengapa, dan bagaimana Macromedia Authorware, serta diakhiri dengan paparan bagaimana PMI dapat dijadikan sarana untuk membangun konstruksi pengetahuan siswa. Bahasan tersebut merupakan wujud dari penggunaan ICT sebagai wahana untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bersifat interaktif.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | FMIPA201147.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Program Multimedia interaktif, Macromedia Authorware, Pembelajaran Matematika, Konstruksi Pengetahuan, Karakteristik dan Kelebihan PMI |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.7 Programming Mathematics/Matematika Pemrograman |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru II |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 08:08 |
Last Modified: | 28 Dec 2018 03:22 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
View Item |