Suharti, Wiwik (2010) Peningkatan Karakter Inovatif dan Hasil Belajar Pada Materi Permasalahan Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Budaya dan Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Pare Tahun Pelajaran 2009/2010. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.
|
Text
fkip201035.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (477kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di kelas yang dilakukan guru hanya membekali siswa dengan ilmu pengetahuan yang canggih tanpa diimbangi pendekatan budaya dan moral serta belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter siswa. Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti. Berbasis budaya, menurut St Aloysius (2009) diartikan pendidikan harus ngangeni atau menyenangkan. Kecerdasan interpersonal, diartikan sebagai kemampuan dan ketrampilan seseorang dalam menciptakan, membangun dan mempertahankan relasi sosialnya sehingga kedua belah pihak berada dalam situasi saling menguntungkan. Metode Penelitian didesain sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Subyeknya siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pare, Kediri Jawa Timur tahun pelajaran 2009/2010 pada sub pokok bahasan permasalahan lingkungan di semester 2 dengan jumlah siswa 34. Digunakan beberapa instrumen untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas proses belajar berlangsung digunakan lembar catatan lapangan yang diisi kolaborator, (2). kualitas hasil belajar digunakan tes kognitif pada setiap siklus, (3). peningkatan karakter inovatif digunakan lembar angket yang diisi siswa dan lembar pengamatan tes psikomotor serta tes afektif saat pembelajaran berlangsung, (4). pengembangan kecerdasan interpersonal digunakan skala kecerdasan interpersonal. Data-data dari hasil penelitian di lapangan diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian karakter inovatif menurut hasil angket menunjukkan adanya peningkatan. Rata-rata prersentase karakter inovatif siswa pra siklus sebesar 65 %, siklus 1 sebesar 74 % dan siklus 2 sebesar 87 %. Sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan rata-rata kelas ulangan harian tiap siklus. Pra siklus 68, siklus 1 dengan nilai rata-rata ulangan harian 74 dan siklus 2 nilai rata-rata ulangan harian 83.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fkip201035.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Karakter Inovatif, Pembelajaran Berbasis Budaya, Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155.25 Character Development (Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru II |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 08:45 |
Last Modified: | 30 Oct 2016 23:05 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2571 |
Actions (login required)
View Item |